oleh

VIDEO: Ramainya Toraja Highland Festival Malam Terakhir

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Ribuan warga tumpah ruah di Lapangan Bakti Rantepao, mengunjungi event promosi wisata,Toraja Highland Festival (THF) yang digelar Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara dan Geopark Toraja, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Ini merupakan malam terakhir gelaran Toraja Highland Festival, yang dilaksanakan sejak 4 Oktober 2021.

Pantauan kareba-toraja.com, meski panitia membatasi hanya maksimal 200 orang pengunjung di area pameran UMKM THF, namun karena begitu banyaknya manusia yang hadir sehingga panitia terlihat kewalahan. Hampir semua “jalan tikus” yang bisa dilalui, dimanfaatkan oleh masyarakat agar bisa masuk ke area festval, yang tengah menampilkan group band. Suasana di depan panggung utama atau area festival pun penuh dengan manusia.

Baca Juga  Digelar 4-10 Oktober, Toraja Highland Festival Diharapkan Bisa Bangkitkan Gairah Wisata Toraja Utara Toraja

Itu gambaran di depan panggung utama. Pada stand-stand kuliner di pinggir lapangan, juga dipenuhi pengunjung, termasuk di lapak pedagang kaki lima di sebelah timur Lapangan Bakti.

Banyaknya warga yang mendatangi Lapangan Bakti tak ayal membuat lalu lintas di jalan-jalan sekitar lapangan menjadi macet. Parkiran kendaraan roda dua sudah mencapai depan Mapolres Toraja Utara. Sedangkan kendaraan roda empat memenuhi jalan Ratulangi, Jalan Ahmad Yani (depan RS Elim), Jalan Rante Kesu’ (depan DPRD) hingga ke Jalan Singki’ (samping Polres).

Event promosi wisata, Toraja Highland Festival 2021 ditutup oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang pada Sabtu, 9 Oktober 2021 sore.

Festival ini mengusung Tema “Sinergitas Antarlini untuk Membangkitkan Pariwisata dari Desa Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Bangsa.

Baca Juga  Menghadap ke Kantor Staf Presiden, Theofilus Bawa Tim Lengkap, Begini Hasil Pembicaraan Mereka

Ketua DPC Masata Toraja Utara, Damayanti Batti mengatakan THF dibuka tanggal 4 Oktober di Hotel Misliana Rantepao. Kegiatan pembukaan dirangkaikan dengan acara Bulan Inklusi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Selanjutnya, tanggal 5 Oktober 2021 dilaksanakan Seminar Nasional dengan Narasumber dari Bappenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Desa. Juga hadir narasumber dari Asosiasi Experiential Learning Indonesia yang bergerak di bidang outdoor training yang sekaligus akan memberikan TOT Outbound kepada Pokdarwis Lembang di Toraja Utara.

Tanggal 5 – 9 Oktober 2021 digelar kegiatan vaksinasi sebanyak 5000 dosis di Lapangan Bakti Rantepao. Selanjutnya Pekan Raya Toraja meliputi pemeran dan bincang santai UMKM, pameran dan klinik fotografi tanggal 4-10 Oktober di Lapangan Bakti Rantepao. Disediakan 35 stand/booth bagi para UMKM dan Dekranasda, baik Kabupaten maupun Provinsi.

Baca Juga  Pemuda Gasing Tanam Ratusan Pohon Ketapang dan Pucuk Merah di Objek Wisata Tongkonan Sassa'

Selain itu, diselenggarakan juga Pra Event berupa Lomba Foto Wisata tingkat lokal dan nasional serta lomba Blog Wisata nasional dan Vlog Wisata lokal. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya