Pemda Tana Toraja Jajaki Rute Penerbangan Toraja-Morowali, Balikpapan 3 Kali Sepekan

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja sedang mengupayakan pembukaan rute penerbangan baru dari Bandara Toraja ke Bandara Maleo Morowali, Sulawesi Tengah.

Hal ini diungkapkan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Seminar Kebangsaan, Retreat Nasional, dan Anjangsana Pemuda Lintas Agama yang digelar oleh Pemuda Katolik di Aula Hotel Grand Metro Makale , Kamis, 16 November 2023.

Theofilus Allorerung dalam sambutannya mengatakan saat ini sedang mengupayakan penerbangan bisa dibuka untuk rute Toraja-Morowali 2 kali seminggu. Kemudian, rute penerbangan Toraja – Balikpapan dari 2 kali menjadi 3 kali penerbangan seminggu.

Theofilus Allorerung mengatakan upaya untuk terus merangsang jumlah penerbangan ke Toraja tak lain untuk meningkatkan kunjungan ke Toraja.

Baca Juga  7 Bulan di Tenda Pengungsian, Puluhan Korban Banjir Bandang Malangke Dapat Hunian Sementara dari Gereja Toraja

“Ketika penerbangan ke Toraja semakin hidup, maka industri pariwisata Toraja juga akan semakin hidup karena masyarakat Toraja hanya bisa hidup dari industri dasar pariwisata,” ujar Theofilus.

Ditanya lebih jauh terkait rencana tersebut, Theofilus Allorerung menjawab singkat saat ini sedang dalam komunikasi dengan pihak Citylink. “Jika masih ada pesawat Citylink yang bisa buka untuk rute tersebut (Morowali ) maka kita akan upayakan buka,” katanya.

“Untuk rute Balikpapan-Toraja diupayakan minggu depan sudah bisa 3 kali penerbangan PP dalam seminggu,” ujar Theofilus lebih lanjut. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar