oleh

Penerbangan Perdana Wings Air Rute Balikpapan-Toraja Berlangsung Sukses

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Sempat tertunda beberapa waktu lalu, penerbangan perdana pesawat Wings Air (Lion Air Group), rute Balikpapan-Toraja, akhirnya terlaksana dengan baik pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Pesawat ATR 72-600 yang dari Bandara Sepinggan Balikpapan mendarat di Bandara Toraja sekitar pukul 11.00 Wita disambut “water salute” dari awak Bandara Toraja.

Crew pesawat dan penumpang kemudian disambut oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Penjabat Sekda Tana Toraja, Sulaiman Malia, dan Kepala Bandara Toraja, Agus Nur Cahyo.

President Director Lion Air Group, Capt. Daniel Putut, mengatakan setelah sukses melayani penerbangan rute Makassar-Toraja selama setahun terakhir, Wings Air kini melebarkan sayap dengan membuka rute baru, Toraja-Balikpapan dan sebaliknya.

Baca Juga  Pengurus Pusat PMTI, Periode 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

“Hari ini, Wings Air membuka layanan penerbangan langsung rute Toraja-Balikpapan, dimana pada tahap awal rute akan dilayani dengan frekwensi terbang dua kali dalam seminggu, setiap hari Jumat dan Minggu,” jelas Daniel Putut.

Toraja-Balikpapan dan sebaliknya adalah rute baru yang dibuka Bandara Toraja bekerja sama dengan Pemprov Sulsel dan pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

Rute ini dibuka untuk menjemput peluang pariwisata dan ekonomi dari Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Kepala Bandara Toraja, Agus Nur Cahyo menjelaskan bahwa penumpang dari Toraja ke Balikpapan bisa melakukan penerbangan terusan ke Tarakan dan Berau. Begitu pun sebaliknya.

Untuk penerbangan di rute baru ini, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Kabupaten Tana Toraja, 31 Agustus 2022 yang lalu, mengatakan bahwa pemerintah Provinsi Sulsel sudah menghibahkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk mensubsidi rute baru tersebut.

Baca Juga  Pengurus Daerah Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Tana Toraja Resmi Dilantik

“Agar semakin banyak yang datang ke Toraja, karena percuma pembangunan pariwisata dilakukan di Toraja jika tetap tidak ada wisatawan yang datang,” tutur Andi Sudirman menjelaskan alasan dibukanya rute penerbangan baru itu. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar