oleh

Mayjen TNI Yulius Selvanus Lumbaa Terpilih Jadi Ketua Umum PMTI, Dating Palembangan Sekjen

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Yulius Selvanus Lumbaa terpilih menjadi Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), periode 2021-2026.

Jebolan Akademi Militer tahun 1988, yang saat ini menduduki jabatan Kepala Badan Instalasi Stategis Pertahanan (Kabainstrahan) di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia, itu terpilih dalam Musyarawarah Besar (Mubes) IV PMTI, yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Sebelumnya, nama Mayjen Yulius Selvanus Lumbaa diusung oleh Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Papua Barat.

Mantan Sekretaris Jenderal PMTI, David Pajung, yang dikonfirmasi kareba-toraja.com, Minggu, 3 Oktober 2021, mengatakan Mubes IV PMTI berlangsung sukses dan demokratis.

Baca Juga  Pengurus Pusat PMTI, Periode 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

“Sudah selesai dengan baik, aman, demokratis, dan sukses,” kata David.

Dia menyebut, sebelum memasuki sesi pemilihan Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal periode 2021-2026, ada sejumlah nama bakal calon yang diusulkan peserta Mubes. “Ada lima nama,” ujar David.

Kelima nama bakal calon tersebut, masing-masing Irjen Pol (Purn) Matius Salempang, Komjen Pol Dharma Pongrekun, Mayjen TNI Yulius Selvanus Lumbaa, Mayjen TNI (Purn) Andarian Pong Bija, dan William Sabandar (Dirut MRT Jakarta).

“Namun dalam perkembangan, Pak Matius dan Pak Komjen Dharma menyatakan tidak bersedia dicalonkan. Sedangkan Pak William tidak hadir di Mubes, sehingga tidak dimasukkan namanya sebagai calon. Yang maju ke pemilihan, ada dua orang,” terang David.

Baca Juga  Prabowo Subianto Dijadwalkan Hadiri Pembukaan Sidang Sinode Am Gereja Toraja

Setelah Mayjen Yulius Selvanus Lumbaa dan Mayjen TNI (Purn) Andarian Pong Bija bersedia dicalonkan, panitia kemudian menempuh musyawarah sesuai dengan kearifan lokal Toraja, yakni membentuk kombongan mini untuk membicarakan soal figur ketua umum.

“Hasil kombongan mini itu menentukan nama Mayjen TNI Yulius Selvanus Lumbaa sebagai Ketua Umum dan Mayjen TNI (Purn) Andarian Pong Bija sebagai Ketua Dewan Penasehat. Namun belakangan, Pak Mayjen Pong Bija tidak bersedia di posisi Ketua Dewan Penasehat,” urai David.

Sementara posisi Sekretaris Jenderal dilakukan pemilihan secara terbuka oleh peserta Mubes. Ada lima nama yang diajukan peserta untuk dicalonkan di posisi Sekjen. Kelima nama itu, masing-masing David Pajung, Dating Palembangan, John Bari, Soni Budi Pandin, dan dr Heber Bombang Sapan.

Baca Juga  Berbicara di Mubes PMTI, Bupati Paparkan Program Unggulan Toraja Utara

“Dari lima nama ini, saya dan Pak Soni Budi Pandin tidak bersedia. Tiga orang bersedia. Lalu diadakan pemilihan dimana hasilnya, Pak Dating Palembangan memperoleh suara terbanyak,” terang David.

Mubes juga memilih 9 orang formatur, yang memiliki tugas membantu Ketua Umum dan Sekjen membentuk kepengurusan lengkap PMTI, periode 2021-2026. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya