oleh

IKT Provinsi dan Kabupaten/Kota se Papua Barat Usung Nama Mayjen TNI Yulius Lumbaa Jadi Ketua Umum PMTI

KAREBA-TORAJA.COM, MANOKWARI — Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua Barat mengusulkan nama Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Yulius Selvanus Lumbaa menjadi calon Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), periode 2021-2026.

Keputusan dari IKT Provinsi Papua Barat untuk mengusulkan nama Mayjen TNI Yulius Lumbaa ini diambil setelah menggelar rapat secara virtual bersama pengurus IKT dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Papua Barat, Kamis, 23 September 2021 malam.

“Tadi kami selesai rapat dengan IKT Kabupaten/Kota melalui aplikasi zoom. Keputusannya, semua teman-teman pengurus IKT Kabupaten/Kota sepakat mengusulkan nama Bapak Mayjen TNI Yunus Selvanus Lumbaa untuk menjadi Ketua Umum PMTI, periode 2021-2026,” tutur Ketua IKT Provinsi Papua Barat, Kornelius Mangalik, saat menghubungi redaksi kareba-toraja.com melalui sambungan telepon, Kamis, 23 September 2021 malam.

Baca Juga  Pengurus Pusat PMTI, Periode 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

Untuk diketahui, Musyawarah Besar PMTI akan digelar pada tanggal 2-3 Oktober 2021 di Hotel Bidakara, Jakarta. Agenda utama Mubes ini adalah pemilihan Ketua Umum PMTI, periode 2021-2026 menggantikan Almarhum Frederik Batong.

Kornelius mengatakan, nama Mayjen Yulius Selvanus Lumbaa diusulkan karena menurut pendapat pengurus IKT Kabupaten/Kota se Papua Barat, sosok ini memenuhi semua kriteria pemimpin sosial masyarakat Toraja.

Menurut IKT Provinsi dan Kabupaten/Kota se Papua Barat, ada enam kriteria utama calon pimpinan PMTI. Pertama, dia adalah tokoh nasional. Kedua, memiliki jaringan nasional dan daerah yang kuat. Kemudian memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat (strong leader). Berjiwa sosial dan bisa menjadi pelindung bagi masyarakat diaspora Toraja dimanapun berada. Kriteria terakhir adalah memiliki keinginan kuat untuk membangun kampung halaman.

Baca Juga  PMTI Sulteng Usulkan Matius Salempang dan Dharma Pongrekun Jadi Ketua Umum PMTI

“Dari kriteria-kriteria ini, beliau (Mayjen Yulius Lumbaa) merupakan sosok yang paling memenuhi syarat,” kata Kornelius.

Selain soal kriteria dan nama calon Ketua Umum PMTI, IKT Provinsi serta Kabupaten/Kota se Papua Barat juga meminta agar ada penyatuan nama dari perkumpulan atau organisasi keluarga Toraja, mulai dari pusat hingga ke daerah.

Rapat virtual melalui aplikasi zoom yang dilakukan pengurus IKT Provinsi Papua Barat dengan IKT Kabupaten/Kota se Papua Barat membicarakan kriteria dan calon Ketua Umum PMTI.

“Misalnya PMTI, ya PMTI semua dari pusat hingga ke daerah. Kalau pilih IKT, ya, IKT semua. Dari hasil diskusi tadi, teman-teman mengusulkan satu nama organisasi, yakni Ikatan Keluarga Toraya. Mulai dari nasional hingga ke daerah, kita usulkan menggunakan nama Ikatan Keluarga Toraya,” pinta Kornelius.

Baca Juga  PMTI Provinsi Banten Usung Mayjen TNI (Purn) Dr. Andarias Pong Bija, MM, M.Min sebagai Ketua PP PMTI, Periode 2021-2026

Mayor Jenderal TNI Yulius Selvanus Lumbaa adalah putra Toraja dari Pangala’, Kecamatan Rindingallo, Kabupaten Toraja Utara. Selama menjalani karier militer, Jenderal Bintang Dua ini menghabiskan banyak waktunya di Kopassus, pasukan elit TNI AD. Dia pernah menjabat Wakil Komandan Grup-1 Kopassus, Wakil Kepala BIN Daerah Kepulauan Riau, dan Kepala BIN Daerah Kepulauan Riau. Juga Komandan Korem 181/Praja Vira Tama.

Saat ini, lulusan Akademi Militer tahun 1988 tersebut menduduki jabatan Kepala Badan Instalasi Stategis Pertahanan (Kabainstrahan) di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya