oleh

Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila Pramuka Kwartir Ranting Gandangbatu Sillanan

KAREBA-TORAJA.COM, GANDASIL — Anggota Pramuka Kwartir Ranting Gandangbatu Sillanan melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Wisata Sangbua, Lembang Kaduaja, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kabupaten Tana Toraja, Selasa, 1 Juni 2021.

Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 di Lapangan Wisata Sangbua Lembang Kaduaja kecamatan Gandangbatu Sillanan ini ikuti anggota gugus depan dari SMAN 9 TANA TORAJA, SMKN 2 TANA TORAJA, dan MA Kaduaja.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dimulai pukul 08.30 Wita ini dilakukan secara terbatas dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Para peserta upacara terlihat berdiri dengan jarak sekitar dua meter dengan menggunakan masker.

Baca Juga  Peringati Hari Lahir Pancasila, PPGT Meriba Sillanan Aksi Bersih di Objek Wisata Kampung Tua Sillanan

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Ketua Kwartir Ranting Gandangbatu Sillanan, Erlin Pasappa, Spd, dalam amanatnya sangat mengapresiasi semangat kakak- kakak untuk hadir dalam kegiatan upacara lahirnya Pancasila dan yang paling penting sudah mematuhi peraturan pemerintah yaitu menaati protokol kesehatan.

Erlin menjelaskan implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan tindakan-tindakan nyata. Misalnya terkait implementasi sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa bisa dilakukan dengan saling menghormati antaragama. Begitu juga dengan sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dapat diwujudkan dengan saling membantu mereka yang memerlukan.

Yuk kita saling menghormati antaragama, jangan saling meniadakan. Kemudian kita punya rasa, tenggang rasa, maka kemudian saling membantu apalagi dalam kondisi Covid-19 seperti ini, bantulah yang di sekitarnya. Itu contoh saja,” tutur Erlin.

Baca Juga  Anggota DPRD Sulsel, John Mangontan Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Tana Toraja

Lebih lanjut dalam kondisi pandemi seperti ini, implementasi sila ketiga Persatuan Indonesia sangat diperlukan. Nilai persatuan itu dibutuhkan untuk menghadapi tantangan yang kian beragam, baik dalam hal ideologi maupun ilmu pengetahuan teknologi dan lainnya. Nilai persatuan ini juga menjadi bekal untuk mewujudkan masyarakat yang bijaksana dan mengedepankan musyawarah sehingga bisa tercapai keadilan sosial bagi seluruhnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerja Ranting Gandangbatu Sillanan, Musliadi mengatakan pihaknya sengaja memperingatan Hari Lahir Pancasila tahun ini karena lebih satu tahun kita tidak bertatap muka dan maksud yang paling penting adalah agar kakak-kakak bisa mengirup udara segar dan bisa menikmati keindahan dari tempat wisata baru yang ada di Gandangbatu Sillanan terutama di Sangbua. (*)

Baca Juga  Eva: Generasi Muda Mesti Mengamalkan 4 Pilar Kebangsaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Penulis: Abdul Munir
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya