oleh

Suplai Kebutuhan Darah di Tengah Pandemi Covid-19, PMKRI Cabang Toraja Gelar Aksi Donor Darah

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Lakipadada, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Toraja Sanctus Paulus melakukan kegiatan donor darah, Kamis, 2 Juli 2021.

Bakti sosial donor darah ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilakukan PMKRI Cabang Toraja dalam rangka menyongsong Dies Natalis ke-10.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Toraja, Suprianto Randa Bunga’ menjelaskan, bahwa donor darah menjadi salah satu kegiatan yang dipilih, sebagai bentuk kepedulian PMKRI Toraja terhadap kemanusiaan dan persaudaraan sejati, sebagaimana diamanatkan oleh visi perhimpunan.

“Kami melihat bahwa kebutuhan akan ketersediaan darah di rumah sakit adalah sesuatu yang sangat penting. Pandemi Covid 19 cukup menyulitkan rumah sakit dalam menyediakan darah bagi kebutuhan pasien, karena semakin sedikit orang yang bersedia dan dapat mendonorkan darahnya, sementara kebutuhannya terus meningkat. PMKRI berusaha untuk ikut berperan meringankan beban tersebut, agar pelayanan kesehatan tetap optimal di masa pandemi. Kepedulian sosial harus terus dipupuk dalam diri kaum muda,” kata Supri.

Baca Juga  Harapkan Pilkada Damai, Polres Tana Toraja Gelar Doa Bersama Tokoh Agama

Para pendonor berasal dari anggota PMKRI, organisasi mitra, serta masyarakat umum. Sekitar 60-an partisipan hadir dan mengajukan diri sebagai pendonor.

Salah satu Dewan Pertimbangan PMKRI Toraja, Yulianus Lombe, yang ikut hadir, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan di Aula Kampus 1 UKI Toraja tersebut. Yulius menuturkan bahwa kegiatan seperti ini dapat menjadi kampanye positif kepada orang muda di Tana Toraja, bahwa menolong sesama yang membutuhkan darah adalah tindakan mulia.

“Kita bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain dengan darah kita sendiri. Ini layaknya membagikan kehidupan kepada sesama. Orang muda harus diajak untuk semakin peduli pada sesama, dan bahkan menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup. Peduli terhadap sesama harus menjadi gaya hidup orang muda kita di Toraja, dan PMKRI bisa mengkampanyekannya lewat tindakan nyata seperti donor darah ini,” kata Yulianus.

Baca Juga  Percepat Pencairan Gaji 13 ASN Toraja Utara dan Tana Toraja, KPPN Makale Buka Layanan Hari Sabtu dan Minggu

Sementara, Ketua Panitia Dies Natalis ke-10 PMKRI Toraja, Alpenius Napa, selaku penyelenggara, mengatakan bahwa banyak pihak yang ikut andil dalam kegiatan tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor UKI Toraja yang memberikan ijin aula kampus menjadi tempat kegiatan donor darah. Begitu pula dengan pihak UTD RSU Lakipadada yang bersedia bekerjasama dengan kami dalam kegiatan ini. Kami juga berterimakasih kepada rekan-rekan seperhimpunan, organisasi mitra, serta masyarakat yang ikut menjadi pendonor. Kita perlu bersama-sama saling membantu dan meringankan beban orang lain,” tandas Alpen.

Alpen menyebut masih ada beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan yang akan digelar PMKRI dalam rangka Dies Natalis, dan diharapkan kepedulian dan kerja sama sebagaimana terlihat dalam donor darah ini semakin meningkat dan mengikat orang muda di Tana Toraja ini, sehingga kegiatan berikutnya bisa lebih meluas cakupannya. (*)

Baca Juga  BREAKING NEWS: Tiga Warga Meninggal Tersengat Listrik di Madandan, Tana Toraja

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya