oleh

Peringati Hari Lahir Pancasila, PPGT Meriba Sillanan Aksi Bersih di Objek Wisata Kampung Tua Sillanan

KAREBA-TORAJA.COM, SILLANAN — Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya.

Salah satunya adalah dengan kegiatan bakti sosial seperti yang dilakukan oleh anggota Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) Jemaat Meriba Sillanan.

Sejumlah anggota PPGT Jemaat Meriba Sillanan melaksanakan bakti sosial dengan kerja bakti dan membersihkan sekitar Kawasan Objek Wisata Perkampungan Adat Tua Sillanan Lembang Sillanan Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Selasa, 1 Juni 2021.

Kiki selaku Ketua PPGT Jemaat Meriba Sillanan mengatakan kegiatan ini dalam rangka mengisi peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2021.

Kiki mengatakan kegiatan bakti sosial ini juga bagian dari program kerja PPGT Jemaat Meriba Sillanan pada bidang SDM yaitu program kerja gotong-royong.

Baca Juga  Eva: Generasi Muda Mesti Mengamalkan 4 Pilar Kebangsaan dalam Kehidupan Sehari-hari

“Objek Wisata Perkampungan Adat Tua Sillanan adalah Warisan Budaya yang usianya sudah ratusan tahun sehingga harus terus dijaga termasuk menjaga kebersihan lingkungannya,” tutur Kiki.

Kampung adat Tua Sillanan adalah sebuah perkampungan yang berisi rumah rumah adat Toraja yang dibangun dalam satu kompleks. Rumah adat atau Tongkonan ini dijadikan pusat Pemerintahan adat pada masa lampau. Setiap tongkonan memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam pemerintahan adat tersebut. Perkampungan ini sangat unik dan menarik karena terletak dibawah lereng tebing. Dalam kompleks perkampungan adat tua Sillanan juga terdapat sumur tua yang dikeramatkan dan makam leluhur. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya