Hadiri Pelantikan Pengurus DPD II Partai Golkar, Bupati Tana Toraja “Curhat” Soal Penyakit Mulut dan Kuku

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar yang digelar di Gedung Tammuan Mali’ Makale, Sabtu, 16 Juli 2022.

Dalam sambutannya, Theofilus Allorerung meminta partai Golkar ikut hadir ditengah-tengah masyarakat untuk mengedukasi dan menenangkan masyarakat agar tidak semakin dirugikan dengan terjadinya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Betapa beratnya Pak Ketua (Taufan Pawe), dari SOP yang ada radius 1 km dari tempat terdeteksinya PMK, semua ternak berkuku belah harus dihanguskan. Persoalannya di Toraja, kerbau yang dihanguskan dengan ganti rugi Rp 10 juta sangat tidak seimbang karena ada kerbau senilai Rp 400 juta terindikasi terpapar. Bagaimana kita bisa ganti rugi Rp 10 juta? Sehingga inilah yang menjadi problematika yang dihadapi di lapangan saat ini,” cerita Theofilus Allorerung.

Baca Juga  Sukses dengan KOTAK, JRM Janji Hadirkan Agnez Mo pada Toraja Carnaval Sesion 3

Theofilus Allorerung mengatakan persoalan PMK membuat pemerintah dan masyarakat resah, sehingga harus dilakukan pendekatan secara persuasif dengan cara yang bisa lebih dipahami oleh masyarakat.

Dinamika yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Tana Toraja ini mendapat respon serius dari Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, H. M Taufan Pawe.

Taufan Pawe mengatakan ada situasi secara lokal nilai ganti rugi yang tidak sesuai sehingga ini sangat naif ternak yang mengandung nilai budaya dan memiliki nilai jual yang tinggi tidak sesuai dengan nilai ganti rugi.

“Tolong, segenap anggota DPRD khususnya Ketua DPRD Sulsel, Ketua Fraksi, dan Pak John Rende Mangontan segera melakukan komunikasi politik,” tegas Taufan Pawe.

Baca Juga  Ini Jadwal dan Tahapan Pemilihan Kepala Lembang Serentak di Tana Toraja Tahun 2021

“Namanya anggota DPRD, 85 Anggota DPRD di Provinsi Sulsel sesungguhnya tarikan nafasnya satu yaitu bagaimana mensejahterakan masyarakat tanpa memandang dari partai mana berasal,” urai Taufan Pawe.

Taufan Pawe juga berjanji akan mengkomunikasikan persoalan ini ke tingkat Pusat.

“Olehnya itu sebagai Pimpinan Partai saya juga akan menyuarakan ke tingkat Pusat ke fraksi – fraksi Golkar di DPR RI kebijakan Pemerintah ini seharusnya secara kasuistis harus dicermati secara seksama,” janji Taufan Pawe.

Pelantikan pengurus DPD II Partai Golkar Tana Toraja di Gedung Tammuan Mali Makale yang dinahkodai oleh Victor Datuan Batara berlangsung meriah.

Selain pelantikan Pengurus DPD II Partai Golkar juga dilakukan pelantikan Pengurus KPPG dan AMPG serta deklarasi relawan Airlangga sebagai calon Presiden dan Sahabat Taufan Pawe sebagai Calon Gubernur Sulsel. (*)

Baca Juga  7 Kerbau Alami Gejala PMK, Dinas Pertanian dan Peternakan Isolasi Pasar Hewan Bolu

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar