oleh

Golkar Tana Toraja; Belum Musda Sudah Riuh

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Sejumlah kader Partai Golkar Tana Toraja menyatakan kekecewaan mereka terhadap mekanisme Musyawarah Daerah (Musda) yang dinilai cacat prosedural dan penuh rekayasa.

Puncak kekecewaan kader ini ditumpahkan kepada Panitia Musda di Sekretariat DPD II Partai Golkar Tana Toraja, Selasa, 6 April 2021. Mereka mengamuk dan melakukan protes kepada panitia, termasuk kepada Pelaksana Tugas (Plt) Ketua dan Sekretaris DPD II.

“Mekanisme dari Musda ini tidak sesuai aturan organisasi, itu yang pertama. Yang kedua, Pelaksana tugas yang terdiri dari beberapa orang, ada yang tidak pernah dilibatkan dalam Rapat Pleno,” tegas Purwanto, salah satu kader Golkar Tana Toraja.

Dia menguraikan, dalam SK tanggal 31 Maret 2021, mengenai Pelaksana tugas DPD II Partai Golkar Tana Toraja, tidak melibatkan semua pengurus. “Ada beberapa pelaksana tugas pengurus yang dibentuk oleh DPD I tidak pernah dilibatkan. Ada apa ini?” ujar Purwanto lebih lanjut.

Baca Juga  Pandemi Covid-19 Picu Peningkatan Angka Kasus Bunuh Diri

Persoalan krusial lainnya yang dinilai menggangu adalah pergantian tiba-tiba seluruh Pengurus Kecamatan (PK) yang baru dilaksanakan pada tanggal 3 April 2021 atau dua hari menjelang pembukaan penerimaan Bakal Calon Ketua DPD II.

Pergantian Pengurus Kecamatan itu, kata Purwanto, juga tidak melibatkan semua pengurus harian. “Ini betul-betul ada rekayasa di dalam pelaksanaan Musda,” tandas Purwanto.

Beberapa Pengurus Kecamatan yang ditunjuk oleh Pelaksana Tugas juga tidak berdomisili di Kecamatan dimana dia menjadi pengurus PK.

Untuk itu, Purwanto dan sejumlah Pengurus Kecamatan, juga beberapa kader senior Partai Golkar meminta agar Musda Golkar Tana Toraja ditunda pelaksanaannya.

“Kami selaku kader Partai Golkar memohon kepada DPD I untuk menunda Musda ini. Karena ini sarat rekayasa,” tegas Purwanto.

Baca Juga  Menhub Puji Kebijakan Subsidi Sehingga Frekuensi Penerbangan Makassar - Toraja Bisa Setiap Hari

Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Tana Toraja dijadwalkan berlangsung pada 11 April 2021. Saat ini, proses yang dilakukan panitia adalah menerima pendaftaran bakal calon Ketua DPD II. Pendaftaran bakal calon Ketua dilakukan dari tanggal 5-7 April 2021. Salah satu orang yang sudah mendaftar, yakni mantan Ketua DPD II Partai Golkar, yang juga mantan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya