oleh

Bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian, KSP Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sampoerna Berbagi Sembako di 17 Kota

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — KSP Sahabat Mitra Sejati bersama mitra bisnisnya Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna), kembali bersinergi bersama Dinas Koperasi dan Kepolisian setempat untuk melakukan aksi kepedulian di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini.

Aksi kepedulian tersebut berupa pembagian masing-masing 300 paket sembako ke 17 cabang KSP Sahabat Mitra Sejati dan 17 cabang Bank Sampoerna di seluruh Indonesia.

Gerakan yang dinamakan Peduli Komunitas ini dilakukan secara bertahap, dimana tahap pertama dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2021 dengan total bantuan mencapai 10.000 paket sembako. Tahap ke-2 akan dilaksanakan pada pertengahan September 2021 dengan membagikan tambahan 10.000 paket sembako.

Pada tahap pertama ini, KSP Sahabat Mitra Sejati Cabang Rantepao melaksanakan kegiatan ini pada tanggal 13 Agustus 2021 yang berlokasi di Kantor Polres Toraja Utara, Jalan Ratulangi Rantepao dan Kantor Polres Tana Toraja di Jalan Bhayangkara Makale. Juga di Kantor Dinas Koperasi Kabupaten Toraja Utara dan Polsek Sesean.

Sefrianus, Kepala Cabang KSP Sahabat Mitra Sejati, mengatakan gerakan ini merupakan inisiatif atas keprihatinan terkait kondisi merebaknya wabah Covid-19 di seluruh Indonesia. Penerima bantuan difokuskan kepada masyarakat yang terdampak pandemi baik secara finansial, seperti pekerja harian lepas dan masyarakat kurang mampu di lingkungan kantor KSP Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sahabat Sampoerna.

“Inisiatif ini kami lakukan dengan memberikan sebanyak 300 paket sembako di wilayah Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja dan dilakukan secara serentak di 17 cabang KSP Sahabat Mitra Sejati dan 17 cabang Bank Sampoerna  yang tersebar di seluruh Indonesia. Mendukung pendistribusian sembako ini, Kami bekerja sama dengan anggota dalam pengadaan paket sembako di masing-masing wilayah, sehingga pemberdayaan UMKM dapat dilakukan secara merata serta lebih banyak yang menerima manfaatnya. Selain Anggota, kami juga bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja melalui Dinas Koperasi dan Kepolisian dalam penyaluran ini,” ujar Sefrianus.

Lebih lanjut Sefrianus menjelaskan bahwa ke 17 cabang KSP Sahabat Mitra Sejati tersebut antara lain Maros, Masamba, Palu, Rantepao, Sintang, Sungguminasa, Timika, Wonomulyo, Astana Anyar, Bandar Jaya, Cibinong, Jelutung, Pamanukan, Plered, Senen, Solo, dan Yogyakarta.

Penyerahan paket bantuan sembako secara simbolis dari KSP Sahabat Mitra Sejati bersama mitra bisnisnya Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) kepada Dinas Koperasi dan UMKM Toraja Utara.

Menyinggung soal kinerja, KSP Sahabat Mitra Sejati sendiri per Desember 2020, mencatat total asset sebesar Rp3,4 triliun dan jumlah pinjaman yang disalurkan ke Anggota sebesar Rp2,7 triliun. Selain itu, jumlah simpanan Anggota yang dihimpun mencapai hampir Rp 3 triliun.

KSP Sahabat Mitra Sejati juga merupakan salah satu koperasi yang sudah bertransformasi menuju digital melalui SOBATKU, simpanan online yang memberikan layanan modern kepada anggota dalam melakukan transaksi keuangan.  Seperti yang telah diketahui, SOBATKU merupakan salah satu produk simpanan andalan KSP Sahabat Mitra Sejati yang berbasis online.

SOBATKU diluncurkan bertepatan dengan Hari Koperasi yang ke 70 pada tanggal 12 Juli 2017, SOBATKU terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada anggota dalam melakukan transaksi keuangan, khususnya menabung. Anggota dapat menabung dengan mudah melalui smartphone tanpa perlu keluar rumah.

Tentang KSP Sahabat Mitra Sejati

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati mulai melakukan kegiatan operasional sejak 2009. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, sejak 2011 KSP Sahabat Mitra Sejati melakukan sinergi dan kolaborasi kemitraan strategis dengan PT Bank Sahabat Sampoerna. Hingga saat ini KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki hampir 100 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk lebih meningkatkan layanannya, KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan koperasi pertama yang memperoleh ijin dari OJK untuk dapat mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya