oleh

Resmi Dilantik, Ketua PMKRI Toraja: Dunia Pendidikan Kita Mengalami Shock Berat

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Suprianto Randa Bunga’ resmi dilantik sebagai Ketua Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Toraja Sanctus Paulus, periode 2020/2021, Jumat, 29 Januari 2021.

Suprianto Randa Bunga’ langsung dilantik oleh Ketua Pengurus Pusat PMKRI, Benediktus Papa di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja. Benidiktus Papa adalah Ketua PP PMKRI asal Toraja.

Usai pelantikan, Ketua Pengurus Pusat PMKRTI, Benediktus Papa, menyampaikan profisiat untuk DPC yang baru dan berharap PMKRI tetap eksis di Bumi Lakipadada. Dia juga mendorong untuk pembentukan PMKRI jajakan Toraja Utara agar PMKRI betul betul hadir dan terlibat di setiap pelosok negeri.

Baca Juga  Buka Rakernas PMKRI, Presiden Jokowi: Jangan Biarkan Upaya Merusak Toleransi Antar Suku, Agama, dan Ras

Sedangkan Ketua Presisidium PMKRI Cabang Toraja, Suprianto Randa Bunga’ dalam pidatonya mengajak semua untuk terlibat dalam dalam krisis multidimensi akibat pandemi ini yang tak pelak menjadi tantangan berat.

“Di tengah optimisme “merdeka belajar” yang digaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dunia pendidikan kita harus menghadapi situasi sulit, dimana proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring,” ungkap Suprianto.

Akibatnya, kata dia, dunia pendidikan kita mengalami “shock berat” karena peralihan yang begitu cepat dari model pembelajaran konvensional ke model pembelajaran daring.

“Hal ini diperparah dengan belum meratanya pembangunan di wilayah Indonesia. Masih begitu banyak wilayah di Indonesia yang kesulitan mengakses jaringan internet. Memang benar bahwa perkembangan teknologi masa kini menuntut kita untuk melakukan inovasi di segala sektor kehidupan kita, termasuk pendidikan,” katanya.

Baca Juga  Suprianto Randa Bunga' Terpilih Ketua PMKRI Cabang Toraja Periode 2020-2021

Di era digital, lanjut Suprianto, memang sudah saatnya digitalisasi pendidikan juga menjadi perhatian yang penting. “Maka DPC PMKRI Toraja dalam periode 1 tahun ke depan akan mendorong  program PMKRI Mengajar,” optimis Suprianto.

Pelantikan dan serah terima Jabatan ini, dirangkaikan dengan Seminar Nasional dengan penerapan protokol kesehatan dipandu oleh moderator Ignatius Sepryansah Rantano yang juga adalah Ketua presidium demisioner periode 2019/2020  dengan narasumber Dr.Oktavianus Pasoloran S.E.,MSi,.,,Akt,Ca (Rektor Uki Toraja) , Theofilus Allo Rerung S.E (Bupati Terpilih Kabupaten tana Toraja) ,Sdr. Benediktus Papa ,S.T ( Ketua  PP PMKRI Sanctus Tomas Aquinas ) ,dan Bartholomeus Tandiayu’ (Dosen FE UNIKA Atma Jaya Makasar)

Seminar ini dimaksudkan untuk mengait serta menumbuhkan konsep arah pendidikan nasional dan bagaimana itu dijawab dalam konteks lokal Toraja, terlebih untuk pemberdayaan pendidikan dimasa pandemic Covid-19. (*)

Baca Juga  Suprianto Randa Bunga' Terpilih Ketua PMKRI Cabang Toraja Periode 2020-2021

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya