oleh

13 Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melaksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 bertempat di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja, Makale, Senin, 1 Februari 2021.

Sebanyak 13 nama menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 jenis Sinovac dalam pencanangan tersebut.

13 nama masing-masing secara berurutan menerima suntik vaksin, yakni Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Toraja yang juga Wakil Bupati Tana Toraja terpilih dr. Zadrak Tombeg, Kasat Intel Polres Tana Toraja AKP Slamet Paryanto, Sekda Tana Toraja Samuel Tande Bura, Tokoh Agama Pdt. Kristian, Wakil Ketua DPRD Tana Toraja Yohanis Lintin, Kepala Staf Kodim 1414 Tana Toraja Mayor Inf. Buttu Selfinus Tangkelangi’, Perwakilan Jurnalis dan Kaum milenial oleh Jurnalis Kareba Toraja Arsyad Parende, Direktur RSUD Lakipadada dr. Syafari Mangopo, Perwakilan Kantor Kementerian Agama Tana Toraja Ruslin Muhammad Said, Kadis Kesehatan Kabupaten Tana Toraja dr. Ria Tanggo, Ketua FKUB Pdt. Yohanis Metris dan Ketua Tim Surveilans Satgas Covid-19 Tana Toraja dr. Mardaria Patioran.

Baca Juga  Truk Terjun ke Jurang Sedalam 50 Meter di Bittuang, 1 Orang Meninggal Dunia

Sebelum menerima vaksin, 13 penerima pertama ini diwajibkan melewati 4 meja yang menjadi alur pelayanan yang telah ditentukan. Meja 1, calon penerima vaksin mendaftarkan diri dengan menunjukkan Ektp dan dilakukan verifikasi, selanjutnya ke Meja 2 untuk menjalani skrining. Di meja skrining, petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid), jika calon penerima vaksin dinyatakan sehat dilanjutkan ke Meja 3. Di Meja 3, calon penerima vaksin diberikan suntikan vaksin lalu dilanjutkan ke Meja 4 untuk pencatatan dan observasi.

Di meja 4, penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Setelah itu penerima vaksin menerima kartu vaksinasi.

Baca Juga  Toyota Fortuner yang Dikemudikan Warga Negara Asing Terjungkal ke Parit di Mengkendek

Selain 13 nama penerima vaksin diatas, beberapa nama juga sudah melakukan skrining untuk menerima vaksin namun dinyatakan tidak memenuhi syarat, diantaranya Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae yang dinyatakan melewati umur dan tekanan darah, Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi dan Wakil Ketua DPRD Tana Toraja Evivana Rombe Datu juga mengikuti skrining namun dinyatakan tidak memenuhi syarat karena pernah terpapar Covid-19.

13 penerima Vaksin Covid-19 pertama di Kabupaten Tana Toraja diharapkan dapat mengedukasi masyarakat Tana Toraja bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal.

Selanjutnya vaksin Covid-19 yang diterima Pemda Tana Toraja akan didistribusi ke 25 fasilitas kesehatan di Kabupaten Tana Toraja untuk selanjutnya akan dilakukan vaksinasi kepada 1.579 tenaga kesehatan yang akan dilakukan oleh 142 vaksinator yang sudah terlatih. (*)

Baca Juga  Plt Gubernur Sulsel Lanjutkan Pembangunan Jalan Ruas Passobo-Matangli-Massupu di Tana Toraja, Anggarannya Rp 67,6 Miliar

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya