oleh

Kasus Harian Tertinggi Toraja Utara, Dalam 2 Hari Bertambah 56 Pasien Positif

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Kabupaten Toraja Utara mencatat kasus harian tertinggi positif Covid-19, yakni 56 pasien baru dalam dua hari, 26 dan 27 Desember 2020.

Ini merupakan kasus harian tertinggi yang diumumkan  Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara sejak setelah Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada), 9 Desember 2020.

Sejak selesai Pilkada pula, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara meningkat tajam. Per 7 Desember 2020, jumlah kasus positif Corona di Toraja Utara baru mencapai 86 kasus. Kemudian bertambah 6 kasus pada tanggal 9 Desember atau bertepatan dengan hari H Pilkada sehingga totalnya menjadi 92 kasus.

Kurang lebih dua pekan pasca Pilkada, terjadi lonjakan yang sangat besar kasus positif maupun jumlah warga yang meninggal dunia akibat Covid-19. Per 28 Desember 2020, jumlah kasus positif mencapai 219 orang dan 11 orang meninggal dunia. Tak salah bila sebagian besar masyarakat menganggap penambahan jumlah kasus yang sangat signifikan ini akibat dari pengabaian protokol kesehatan saat kampanye Pilkada.

Baca Juga  Paguyuban Agen BRILink “Toraja Sikamali’” Bantu Korban Kebakaran di Gandangbatu Sillanan

Anggapan ini bisa saja benar, karena sejak Pilkada hingga tanggal 27 Desember 2020 terjadi penambahan kasus sebanyak 127. Dari 127 kasus ini, kasus harian tertinggi terjadi pada tanggal 26 Desember 2020 dimana GTPP Covid-19 Kabupaten Toraja Utara mengumumkan 29 kasus baru. Sehari kemudian, GTPP Covid-19 Kabupaten Toraja Utara kembali mengumumkan 27 kasus baru. Artinya dalam waktu dua hari terjadi penambahan kasus sebanyak 56.

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara beserta Satgas dan Polres Toraja Utara sudah melakukan langkah-langkah antisipasi dan penanggulangan. Salah satunya dengan menunda semua kegiatan sosial masyarakat, termasuk Rambu Solo’ dan Rambu Tuka. Namun sampai saat ini pemerintah belum mengeluarkan pemberitahuan penutupan pasar, yang juga merupakan tempat berkerumun masyarakat. (*)

Baca Juga  Mau Rayakan Natal dan Tahun Baru, Ini Himbauan Kapolres Tana Toraja

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya