Basarnas Resmi Buka Unit Siaga di Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas Makassar) menyelenggarakan Rapat Koordinasi SAR Daerah di Kabupaten Tana Toraja, Selasa, 31 Oktober 2023, di Aula Hotel Graha Raf Makale.

Rapat koordinasi SAR daerah ini mengangkat Tema “Melalui Rapat Koordinasi SAR Daerah (RAKORSARDA) Kita tingkatkan kesiapsiagaan Sar dan sinergitas dalam menghadapi kecelakaan dan bencana Hydrometeorologi tahun 2023″.

Rapat koordinasi dibuka oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg sekaligus menandatangani peresmian Kantor Unit Siaga Basarnas Toraja.

Kantor Unit Siaga Basarnas Toraja sendiri terletak di Jalan Poros Makale-Rantepao, Rantelemo, Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, tepatnya di bekas Kantor Perpustakaan Daerah.

Kantor unit siaga Basarnas Toraja ini akan mengcover tiga kabupaten, yakni Tana Toraja, Toraja Utara, dan Enrekang.

Baca Juga  Buka SSA ke-17 Gereja Kibaid, Begini Pesan Direktur Agama Kristen Kemenag RI

Rapat koordinasi ini digelar sebagai langkah awal mensinergikan dukungan dan potensi SAR untuk mendukung penanganan operasi SAR dalam wilayah tugas Kantor Unit Siaga Basarnas Toraja nantinya.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan rapat koordinasi dan peresmian Kantor Unit Siaga Basarnas Toraja, Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg merasa senang dan berterimakasih.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Toraja, kami berterimakasih atas hadirnya kantor unit siaga Basarnas ini, sudah lama kami tunggu ini,” kata Zadrak Tombeq.

Zadrak mengurai jika daerah ini adalah tujuan wisata, sehingga kehadiran Kantor Basarnas tentu menambah kepercayaan wisatawan terhadap daerah untuk datang berkunjung .

Zadrak juga mengapresiasi rapat koordinasi yang digelar mengawali berdirinya Kantor Unit Siaga Basarnas di Toraja, hal ini sangat penting karena selama ini kegiatan kemanusiaan di Toraja dinilai masih kurang terkoordinasi.

Baca Juga  Perempuan Toraja Berdoa Rayakan Natal Bersama Anak Panti Asuhan Tangmentoe

“Selama ini masih turun sendiri-sendiri. Tidak terkoonasi dengan baik sehingga proses pencarian tidak efektif, tidak efisien, pemborosan dan tentu hasilnya tidak maksimal, sehingga kedepan kota harap lebih maksimal lagi,” urai Zadrak.

Rapat koordinasi dihadiri langsung Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel, Kepala Operasi dan Latihan Basarnas Pusat, Kodim 1414 Tana Toraja, Polres Tana Toraja dan Toraja Utara, BMKG, Kabanda Toraja BPBD Tana Toraja dan Toraja Utara, Dinas Kesehatan Tana Toraja dan Toraja Utara, Satpol PP Tana Toraja dan Toraja Utara, Kesbangpol, Damkar, Relawan Pencinta alam, dan pers. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar