oleh

Pengumuman Pemenang Pilkada Tana Toraja Disiarkan Secara Live, Saksikan Tanggal 16 Desember

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Pemenang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Tana Toraja tahun 2020, hampir pasti diraih oleh pasangan Theofilus Allorerung dan Zadrak Tombe. Itu berdasarkan rangkuman hasil rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan, yang berakhir Sabtu, 12 Desember 2020 malam.

Meski begitu, penetapan hasil perhitungan suara tingkat kabupaten dan penentuan pemenang Pilkada baru akan diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja, pada Rabu, 16 Desember 2020.

“Rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten pada Pilkada tahun 2020 baru akan kita laksanakan pada Rabu, 16 Desember 2020,” jelas Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja, Rizal Randa, Minggu, 13 Desember 2020.

Baca Juga  Di Tengah Pandemi, RSUD Lakipadada Masih Mendapat Keuntungan Rp 18 Miliar

Rizal mengatakan, sebagai wujud transpransi dan agar masyarakat Tana Toraja bisa menyaksikan secara langsung proses rekapitulasi dan penetapan pemenang Pilkada, KPU Kabupaten Tana Toraja akan menyiarkan Rapat Pleno ini secara langsung (live) melalui akun media sosial milik KPU Tana Toraja.

“Live streaming bisa disaksikan melalui akun facebook: Kpu Kab Tana Toraja dan akun youtube: KPU TANA TORAJA, mulai pukul 09.00 Wita sampai selesai,” urai Rizal.

Rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten ini juga tidak mengizinkan banyak orang untuk mengikuti atau melihat. Terbatas pada saksi pasangan calon dan Bawaslu saja. Ini dilakukan sebagai bentuk ketaatan terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Hasil Rekap Kecamatan

Sementara itu, berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan (PPK) yang dirangkum kareba-toraja.com, pasangan Theofilus Allorerung dan Zadrak Tombe merupakan peraih suara terbanyak. Pasangan nomor urut 1 ini unggul di 9 Kecamatan dari 19 Kecamatan yang ada di Tana Toraja. Total suara yang diraih pasangan ini sebanyak 57.057 (41,09%).

Baca Juga  Taufan Pawe: Dimata Kami, NIVI Jilid I Sukses Membangun Tana Toraja

Urutan kedua ditempati pasangan petahana Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan Batara, yang mengumpulkan total suara sebanyak 51.628 (37,18%). Pasangan Ni-Vi Jilid II ini menang di 9 kecamatan.

Sedangkan pasangan nomor urut 3, Albertus Pataru dan John Diplomasi hanya meraih 30.159 suara (21,72%). Pasangan dengan tagline Al-John ini hanya menang di satu kecamatan, yakni Kecamatan Sangalla’. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya