oleh

SMAN 9 Tana Toraja, Maknai Hari Pendidikan Nasional dengan Penanaman Pohon

KAREBA-TORAJA.COM, GANDASIL — Keluarga besar SMA Negeri 9 Tana Toraja menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 di lapangan sekolah SMAN 9 Tana Toraja, Kelurahan Salubarani, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Minggu, 2 Mei 2021.

Upacara Peringatan Hardiknas tahun 2021 dimulai pukul 07.30 Wita ini dilakukan secara terbatas dan memperketatkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah. Para peserta upacara terlihat berdiri dengan jarak sekitar dua meter dengan menggunakan masker.

Kepala UPT SMAN 9 Tana Toraja, Roberto P. Allolangi, dalam amanatnya mengatakan wabah pandemi Covid-19 memberikan hikmah dan pembelajaran bagi guru dan orang tua.

“Saat ini kita sedang melalui krisis Covid-19. Krisis yang memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia. Tetapi, dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya,” ujar Roberto.

Baca Juga  Terapkan Pembelajaran Tatap Muka, Siswa dan Guru SMAN 9 Tana Toraja Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Lalu orang tua, untuk pertama kalinya menyadari betapa sulitnya tugas guru untuk bisa mengajar anak secara efektif dan menimbulkan empati kepada guru yang tadinya mungkin belum di berikan penjelasan.

“Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja,” katanya.

Setelah selesai upacara Roberto langsung mengarahkan guru dan siswa untuk penanaman puluhan pohon di lokasi sekolah. Penanaman pohon merupakan salah satu bentuk pemaknaan terhadap Hari Pendidikan Nasional. (*)

Penulis: Abdul Munir
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya