9 SiswA SMA Kristen Barana’ Lolos Universitas Ternama Lewat Jalur Prestasi

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Satu siswi SMA Kristen Barana alumni 2024 berhasil lolos ke Universitas Gadjah Mada (UGM) lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Siswa bernama Arin Evangelica Patabang adalah satu-satunya siswi alumni SMA Kristen Barana’ tahun 2024, sekaligus yang pertama berhasil lolos ke Universitas Gadjah Mada (UGM) melalu jalur prestasi setelah 19 tahun lamanya.

Hal ini disampaikan Wakasek SMA Kristen Barana’ Bidang Kurikulum, Anie Threesje Yolanda S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya pada acara Ibadah syukur Penamatan Kelas XII SMA Kristen Barana’, Jumat, 5 April 2024.

“Sejak 19 tahun lalu kita hanya bisa lolos lewat jalur tes dan jalur mandiri, tapi puji Tuhan, tahun ini kita bisa diterima lewat jalur prestasi,” ungka Ani Yolanda.

Sementara itu, Arin yang tidak menyangka akan lulus di UGM lewat jalur SNBP, menyampikan ungkapan kebahagiaannya ketika diwawancarai. Arin mengungkapkan pada awalnya dia sangat pesimis akan kelulusannya mengingat untuk lolos masuk ke UGM bukan sesuatu yang mudah.

Baca Juga  Bertambah 27, Kasus Positif Corona di Toraja Utara Capai 219 Orang, 11 Meninggal Dunia

“Awalnya kayak ndak terlalu berharap sama sekali. Setelah kudaftar, muncul pikiran untuk lupakan saja karena mungkin bukan jalanku di jalur SNBP, tapi Tuhan memberikan itu jadi bersyukur sekali juga sekaligus kaget,” ungkap Arin.

Lanjut Arin menyampaikan harapan kepada adik kelasnya di SMA Kristen Barana’ agar semakin giat belajar mempertahankan prestasi dan nilainya di sekolah supaya kelak bisa lolos masuk ke Perguruan Tinggi ternama melalui jalur yang sama dengannya.

Arin mengaku sangat bersyukur atas dukungan besar, baik secara materi maupun moril terlebih khusus kepada kedua orang tuanya, guru-guru maupun dari rekan-rekan di sekolahnya.

Total ada sembilan orang siswa-siswi SMA Kristen Barana’ yang berhasil lolos ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 kali ini.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMA Kristen Barana’, Marthen Payung Langi’, S.Pd., M.Pd. membenarkan hal itu saat ditemui di ruangannya Jumat, 5 April 2024.

Menurut Marthen, selain di UGM, ada tiga siswa lain yang lolos di Universitas Indonesia (UI), dua di Universitas Hasanuddin (UNHAS), satu ke Universitas Jenderal Soedirman, satu ke Universitas Lambung Mangkurat, dan satu ke Universitas Tadulako (UNTAD).

Baca Juga  DIPA Instansi Vertikal di Toraja Tahun 2023 Capai Rp 331,7 Miliar

Kesembilan siswa-siswi itu, diantaranya:

  1. Arin Evangelica Patabang XII MIPA 5 (Jurusan Teknologi Informasi UGM)
  2. Liardi Wagirin XII IPS (Jurusan Bisnis Kreatif UI)
  3. Fatra Yunanda XII MIPA 4 (Jurusan Teknik Metalurgi & Material UI)
  4. Yodata Kadoga XII MIPA 5 (Jurusan Teknik Kimia UI)
  5. Kendris Palele XII MIPA 1(Jurusan Ilmu Teknologi Pangan UNHAS)
  6. Marctio Johandi XII MIPA 2 (Jurusan Pendidikan Dokter UNHAS)
  7. Gede Daniel Febrian Menteng XII MIPA 5 (Jurusan Teknik Geologi UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)
  8. Dhirta Mantang Soma Pabesak XII MIPA 5 (Jurusan Pendidikan Dokter UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT)
  9. Shesilia Dwi Putri XII MIPA 4 (Jurusan Kesehatan Masyarakat UNTAD)

Marthen menjelaskan, dalam lima tahun terakhir, lulusan SMA Kristen Barana’ selalu memiliki siswa yang lolos melalui jalur SNBP ke Universitas Indonesia (UI), serta beberapa tahun belakangan selalu ada beberapa siswa-siswi yang lolos ke Universitas Negeri ternama lainnya seperti UNHAS, UNTAD dan masih banyak Universitas lainnya.

Baca Juga  Polisi Segel Café Karaoke Laruna, Pemiliknya Diperiksa

Marthen berharap, dengan lulusnya Arin ke UGM melalui jalur SNBP, nantinya dapat memotivasi siswa-siswi lainnya untuk bisa masuk ke Universitas ternama seperti UGM, UI, UNHAS dan lain-lain.

Dikatakan Marthen, setiap tahun siswa lulusan SMA Kristen Barana’ yang lolos ke UI bukan hanya melalui jalur SNBP tetapi juga beberapa juga lolos melalui jalur Seleksi Nasional Bedasarkan Tes (SNBT), sedangkan yang lolos ke UGM juga hampir setiap tahun ada yang lolos lewat jalur SNBT.

“Kedepannya kami akan terus mendorong siswa-siswi untuk belajar lebih giat lagi agar bisa memperoleh nilai yang baik, sebab disini betul-betul ketat dalam memberikan nilai kepada siswa. Kami akan dorong untuk ikut dalam kompetisi baik ditahap Nasional maupun Internasional sebagai pelengkap syarat yang dibutuhkan,” pungkas Marthen. (*)

Penulis: Indra
Editor: Arthur

Komentar