Hari Ini, UKI Paulus Makassar Genap Berusia 59 Tahun

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Civitas Akademika UKI Paulus Makassar melaksanakan Dies Natalis ke-59, Jumat, 2 September 2022. Dies Natalis ini dirangkaikan dengan ibadah syukur yang dipimpin oleh Ketua Campus Ministry, Pdt. Lukas Dayung, M.Th,  sekaligus pelantikan Mahasiswa Baru tahun ajaran 2022/2023.

Acara Dies Natalis dihadiri oleh Ketua Yayasan dan seluruh struktur Yayasan PIKI Paulus, Rektor dan para Wakil Rektor, Sekertaris Universitas, para Pimpinan Fakultas dan Program Studi S1/S2, serta dosen/pegawai dan perwakilan Lembaga mahasiswa di UKI Paulus.

Rektor UKI Paulus, Prof. Dr. Agus Salim, SH., MH, dalam sambutannya, menguraikan secara singkat perjalanan UKI Paulus sejak awal didirikannya. Pada 2 September 1963 dibentuk Yayasan PCKM (Persatuan Cendikiawan Kristen Makassar) yang kemudian berubah nama menjadi PIKI Paulus (Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia). UKI Paulus mengalami pasang surut dalam perkembangannya termasuk hampir ditutupnya kampus ini pada tahun 1977-1978 .

Baca Juga  Kerjasama Polda Sulsel, UKI Paulus Makassar Gelar Vaksinasi Massal

“Kini UKI Paulus semakin berkembang dan maju diantara sekitar 5 ribu PTN dan PTS di Indonesia. Meraih peringkat 146 dari PTN/PTS seluruh Indonesia dan masuk dalam peringkat ke- 3 PTS di LLDIKTI Wilayah IX Sulsebar & Gorontalo. Pencapaian yang luar biasa di mana berbagai prestasi diraih baik institusi, prestasi dosen dan para mahasiswa,” kata Prof Agus Salim.

Dia berharap, Civitas Akademika tetap membina hubungan baik antara organ yayasan dan pengelola di UKI Paulus agar bersatu dan bekerjasama dalam membangun UKI Paulus di masa mendatang yang penuh tantangan.

“Saat ini UKI Paulus memiliki 10 Guru Besar, 39 Doktor dan 28  dosen yang sedang melanjutkan pendidikan strata 3/Doktor di berbagai PTN baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Semua ini ditempuh agar kualitas UKI Paulus semakin meningkat,” katanya lebih lanjut.

Baca Juga  Workshop Kurikulum MBKM, UKI Paulus Hadirkan Praktisi, Legal, dan Akademisi

Sedangkan Ketua Yayasan PIKI Paulus, Pdt. Yohanis Metris. M.Th menyatakan bahwa UKI Paulus selalu diperhitungkan dalam jajaran Perguruan Tinggi di Indonesia. Oleh sebab itu, dia menghimbau hendaknya para dosen/pegawai bekerja bersungguh-sungguh dan menjadikan UKI Paulus sebagai tempat kita melayani  dan mengabdi.

Terpisah, Wakil Rektor IV UKI Paulus, Dr. Natalia Paranoan, SE., M.Si, Ak, CA menjelaskan bahwa pada pelantikan Maba UKI Paulus TA 2022/2023, dihadiri 16 mahasiswa mewakili  mahasiswa baru UKI Paulus dari berbagai program studi secara ofline.

Sebelumnya, selama empat hari, dari tanggal 29 Agustus 2022 sampai 1 September 2022 telah diadakan kegiatan Orientasi PK2MB dan Spiritualitas bagi mahasiswa baru.

Dalam acara Dies ini juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Rektor UKI Paulus. (*)

Baca Juga  Dengan Teknologi yang Dikembangkan Guru Besar UKI Paulus, Siswa SDN 59 Rea Pangkep Akhirnya Bisa Nikmati Internet

Penulis: Arsyad Parende/Rls
Editor: Arthur

Komentar