oleh

Mebale dan Melendong Bersama Warga, Zadrak Tombeg: Hati yang Gembira adalah Obat

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Salah satu rangkaian kemeriahan event promosi wisata Lovely December 2022 adalah kegiatan pesta rakyat Mebale (tangkap ikan) dan Melendong (tangkap belut).

 

Kegiatan tersebut digelar pada Jumat, 16 Desember 2022 di salah satu sawah warga di Lingkungan Lengkong, Kelurahan Bungin, Kecamatan Makale Utara.

Kegiatan tersebut berhasil menarik minat masyarakat hadir secara berbondong-bondong untuk bergembira bersama menangkap ikan dan belut yang ditandai dengan kehadiran masyarakat dari berbagai wilayah termasuk dari Toraja Utara.

Masyarakat yang hadir juga sudah siap dengan membawah “Tagalak” yakni alat tangkap ikan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu.

Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg yang hadir melepas langsung peserta Mebale dan Melendong juga ikut turun ke sawah menangkap ikan.

Baca Juga  Setelah Divaksin Covid-19, Kapolres Tana Toraja: Tidak Ada Efek Samping yang Saya Rasakan

Zadrak Tombeg mengatakan hati yang gembira adalah obat.

“Memasuki bulan Desember ini kita berharap masyarakat merasakan sukacita, damai sejahtera serta  bergembira menyambut Natal dan tahun baru,” kata Zadrak Tombeg.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja Adelheid Sosang mengatakan kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian Lovely December 2022.

“Kita berharap kegiatan seperti ini bisa terus meningkatkan gairah pariwisata di Tana Toraja,” harap Adelheid Sosang.

Adelheid Sosang juga menyampaikan bahwa selama bulan Desember ini masih banyak rangkaian kemeriahan event lovely December yang akan digelar sehingga jangan lupa untuk datang ke Tana Toraja.

Keseruan Mebale dan Melendong tidak hanya dengan menangkap ikan dan belut yang bisa dibawah pulang ke rumah tapi masyarakat juga bisa menikmati ikan bakar, ubi rebus, jagung rebus serta ballok yang sudah disiapkan oleh panitia.

Baca Juga  OPINI: Fenomena La Nina Pengaruhi Hujan Pada Awal Tahun di Toraja

Peserta yang beruntung menangkap ikan paling besar dan paling banyak juga berhak atas hadiah uang tunai yang disiapkan panitia. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar