oleh

Verifikasi Kabupaten Sehat, Masyarakat Lembang Rantedada Pamerkan Ragam Pangan Lokal

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Pemerintah Lembang Rantedada menampilkan beragam pangan lokal saat menyambut Tim verifikasi Kabupaten Sehat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu, 16 Juni 2021.

Verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau kabupaten bebas dari buang air besar sembarangan di Lembang Rantedada ini sebagai salah satu indikator dalam rangka penilaian Tana Toraja sebagai Kabupaten Sehat.

Kegiatan verifikasi Kabupaten Sehat di Lembang Rantedada diisi dengan pameran pangan lokal untuk ketahanan pangan dan gizi. Pameran pangan lokal digelar dengan menampilkan beragam hasil pangan lokal dari 9 RT yang ada di Lembang Rantedada.

Berbagai hasil pertanian masyarakat Lembang Rantedada yang ditampilkan diantaranya padi, jagung, ubi, sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, kacang-kacangan, pisang, labu, toamt, ikan air tawar, dan lain sebagainya. Juga ditampilkan makanan hasil olahan pangan lokal dalam bentuk masakan tradisional maupun di modifikasi dalam bentuk masakan modern.

Baca Juga  Gerebek Judi Sabung Ayam di Randan Batu, Polisi Amankan 11 Motor, Kepala Lembangnya Diperiksa

Kepala Lembang Rantedada, Abdul Asis mengatakan dengan adanya kegiatan ini sebagai motivasi kepada seluruh masyarakat agar senantiasa meningkatkan ekonomi keluarga sekalipun hanya dengan lahan kecil yang dimiliki atau lewat pemanfaatan pekarangan rumah.

Abdul Asis menyebut, pemerintah Lembang terus mengedukasi masyarakat untuk pemanfaatan barang-barang bekas sebagai polibet dengan turun langsung bersama dengan penyuluh pertanian dan perikanan untuk memberikan pendampingan termasuk dalam hal cara mengolah lahan, penanaman, dan pemupukan organik pada tanaman. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya