Tahun Lalu Rp 22,5 M, Tahun Ini Pemprov Sulsel Kembali Bantu Pemkab Tana Toraja Rp 31,2 Miliar

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja kembali mendapat bantuan keuangan dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Tahun ini, Pemkab Tana Toraja mendapat bantuan keuangan sebesar Rp 31,2 miliar.

Besaran bantuan keuangan ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun lalu, Pemkab Tana Toraja juga mendapat bantuan keuangan sebesar Rp 22,5 miliar.

BERITA TERKAIT: Tana Toraja Kembali Dapat Bantuan Pemprov untuk Pembangunan Objek Wisata Ollon

Penyerahan bantuan keuangan ini dilakukan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung di Rumah Jabatan  Gubernur Sulawesi Selatan, Rabu, 1 Februari 2023.

Sejumlah Kabupaten/Kota lain di Sulsel, juga mendapat bantuan keuangan dengan besaran yang berbeda.

Baca Juga  Tabrak Pemotor Hingga Tewas, Bus Borlindo Diamankan Polisi

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bantuan keuangan itu diperuntukkan bagi kelanjutan pembangunan jalan ke objek wisata Ollon di Kecamatan Bonggakaradeng, yang tahun lalu juga diberi bantuan.

“Tahun lalu kita sudah mulai membangun jalan, target tahun ini, mobil kecil sudah bisa tembus ke wisata yang dikenal dengan bukit panorama indah itu,” jelas Andi Sudirman.

Selain jalan, lanjut Andi Sudirman, bantuan keuangan itu juga akan digunakan untuk pembangunan sarana pendukung objek wisat Ollon, seperti pembangunan gazebo, akses jalan wisata ke Gunung Ollon, dan pintu gerbang.

Andi Sudirman menyebut, bantuan keuangan itu juga akan digunakan untuk melanjutkan subsidi penerbangan pesawat rute Toraja-Balikpapan, yang sudah dirintis sejak tahun lalu.

Baca Juga  Buka SSA ke-17 Gereja Kibaid, Begini Pesan Direktur Agama Kristen Kemenag RI

“Harapan kita, selain membuka akses, penerbangan ini bisa membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat,” katanya.

Selain itu, Pemkab Tana Toraja juga diharapkan menggunakan bantuan ini untuk penanganan stunting, pengembangan UMKM, dan lain-lain.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengaku senang dan berterima kasih kepada Gubernur Sulsel, yang tak henti-hentinya memperhatikan pembangunan di Tana Toraja.

Theofilus juga menegaskan bahwa bantuan keuangan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar