oleh

Perpustakaan RI Bantu Dana Rp 10 Miliar untuk Bangun Perpustakaan Moderen di Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memberikan bantuan keuangan senilai Rp 10 miliar untuk membangun gedung perpustakaan moderen di Kabupaten Tana Toraja.

Selain bantuan keuangan, bekerjasama dengan Komisi X DPR RI, Perpustakaan Nasional juga memberikan bantuan peralatan untuk mendukung peningkatan indeks literasi masyarakat kepada lima Lembang (Desa) berprestasi, berupa 2 unit komputer/lembang, 300 exsemplar buku, dan dua rak buku untuk setiap lembang.

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Republik Indonesia M. Syarif Bando, didampingi anggota Komisi X DPR RI, Eva Stevany Rataba kepada Penjabat sementara (Pjs) Bupati Tana Toraja, Asri Sahrun Said, di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja, Kamis, 26 November 2020.

Baca Juga  Usai Diresmikan, ESR Comunity Sukamaju Raya Tancap Gas Realisasikan Program Kerja

Pjs. Bupati Tana Toraja Asri Sahrun Said mengapresiasi komitmen Pemerintah pusat dalam upaya peningkatan indeks literasi masyarakat khususnya untuk Tana Toraja.

“Komitmen ini dibuktikan dengan bantuan pemerintah pusat untuk Tana Toraja sebesar 10 M untuk pembangunan gedung perpustakaan moderen yang berskala besar di Tana Toraja tahun 2021,” ujar Asri Sahrun Said.

Sementara itu, kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Tana Toraja, Nirus Nikolas Sakke menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kepala Perpustakaan RI yang telah memilih Tana Toraja melaksanakan kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat di Provinsi/Kabupaten/Kota.

“Hal ini tentu terlaksana berkat dukungan dari anggota DPR RI Komisi X, Eva Stevany Rataba yang tak hentinya berjuang untuk kemajuan Toraja,” ujar Nirus.

Baca Juga  13.407 Siswa di Toraja Utara Dapat Bantuan PIP Jalur Aspirasi Anggota DPR RI

Nirus Nikolas dalam laporannya menyampaikan di Tana Toraja saat ini terdapat Taman Baca yang dibiayai dari APBD sudah ada di 18 kecamatan dengan fasilitas berupa Gazebo dan Buku Bacaan), juga terdapat 85 Titik Taman Baca di wilayah Lembang/Kelurahan yang dibiayai dari APBN sebanyak 80 Titik dan 5 titik taman baca dibiayai oleh Provinsi pada tahun 2020.

“Tana Toraja juga memiliki perpustakaan digital bernama itorayamaelo yang bisa diakses dari Android dan Pojok Baca digital yang akan dibangun tahun 2020 ini di pusat kuliner terminal Makale yang semuanya ini demi mendukung peningkatan indeks literasi masyarakat,” terang Nirus Nikolas. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya