oleh

Jokowi Tunjuk Toraja Utara Sebagai Tempat Pelaksanan Rakernas Pembangunan Pertanian, Mentan SYL Cek Kesiapan

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Toraja Utara sebagai tempat pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian Tahun 2022. Hal ini disampaikan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Toraja Utara, Sabtu, 5 Februari 2022.

Kedatangan SYL, sapaan akrab Syahrul Yasin Limpo ini dalam rangka mengecek persiapan Rakernas Pembangunan Pertanian tersebut.

“Hari ini kita berada di Toraja yang begitu indah. Toraja itu dikenal sebagai tempat wisata insternasional yang memamg memiliki budaya yang eksotik, pemandangan yang eksotik dan rumah rumah adat yang begitu indah dan Bapak Presiden Jokowi minta agar rapat kerja nasional pembangunam pertanian dilakulan di sini,” kata SYL.

Ke’te’ Kesu’ diplot sebagai tempat acara pembukaan Rakernas oleh Presiden Jokowi sekaligus akan memberi penghargaan Golden Award Pertanian, kepada 10 kepada daerah tingkat I dan II.

Baca Juga  1.215 Peserta Ikuti Seleksi PPPK di Toraja Utara, Kuota 1.094 Orang

Pelaksanaa acara sendiri akan dilakukan di ruang pertemuan Hotel Misiliana yang bisa menampung 1000 peserta dalam keadaan normal, peserta Rakernas terdiri dariseluruh Kadis Pertanian Provinsi se-Indonesia.

Hadir juga Kepala Balai Unit Pelaksana Tehnis Kementrian Pertanian yang ada di daerah seperti Balai Karantina, Balai Penelitian dan Tekhnologi Pertanian, Balit Palma yang tersebar di 34 provinsi.

“Tentu saja di event ini, selain memang melakukan konsepsi bahwa pertanian itu bermakna ekonomi dan lapangan kerja, juga memfasilitasi kehadiran kesehatan yang lebih baik dengan nutrisinya makan yang tersedia untuk negara keempat terbesar dunia. Ini akan kita rumuskan bersama- sama, Insya Allah Pak Jokowi akan membuka acara itu di sini,” urai SYL.

Baca Juga  Setelah Dirobohkan, Kawasan Pertokoan Rantepao Lama Akan Dijadikan Ruang Terbuka Hijau

Selain ke Ke’te’ Kesu’, Syahrul Yasin Limpo juga memeriksa Hotel Misiliana, apakah memiliki suite room karena dipastikan beberapa Menteri dan Menko Perekonomian akan hadir, selain Presiden Jokowi.

Ia berharap selain kunjungan pertanian event wisata, agar para bupati dan gubernur yang hadir bisa melihat seperti apa agrowisata pertanian yang dicampur dengan daerah daerah wisata itu, akan mampu mendorong akselesari ekonomi.

“Saya kira Toraja adalah salah satu aset nasional dan aset dunia yang harus dijaga dengan baik. Siapa yang mau menghargai budaya dan alam kita kalau bukan kita sendiri, orang Sulsel, orang Toraja, bangsa Indonesia dan seperti itulah keinginan Bapak Presiden,” terang mantan Gubernur Sulsel dua periode itu.

Baca Juga  Longsor, Jalan Poros Alang-Alang-Rantetayo dan Sopai-Denpina Tertutup

Sebagai daerah tempat pelaksanaan Rakornas tersebut, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menyatakan Pemda akan segera berkoordinasi dengan berbagai pihak menata Toraja Utara untuk menyambut ratusan tamu yang akan datang, terutama menata dan membersihkan kota serta tempat  wisata serta tempat yang akan menerima para peserta rakernas  nantinya.

“Kita akan segera berkoordinasi dengan berbagai pihak menyambut pelaksaan kegiatan ini,” ungkap Bassang.

“Kita senang dan bangga daerah kita menjadi tempat pelaksanaan Rakornas Kementerian Pertanian ini sehingga daerah kita akan dikenal oleh banyak orang,”  tambahnya. (*)

Penulis: Arsyad Parende/Rls/JT
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya