oleh

Pemungutan Suara Pilkada Toraja Utara dan Tana Toraja Berjalan Aman

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Proses pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Toraja Utara dan Tana Toraja yang berlangsung serentak pada Rabu, 9 Desember 2020, berjalan lancar dan aman.

Sejak pagi, warga yang mempunyai hak pilih berbondong-bondong ke TPS untuk menyalurkan hak politik, memberikan suara kepada pasangan calon yang ada.

Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati bertarung di Toraja Utara, masing-masing Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung, Yohanis Bassang dan Frederik Victor Palimbong, serta Kalatiku Paembonan dan Etha Rimba Tandi Payung.

Sedangkan di Tana Toraja, pasangan Theofilus Allorerung dan Zadrak Tombe, Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan Batara, serta Albertus Pataru dan John Diplomasi.

Baca Juga  Mentan SYL: Saya Siap Back Up Pasangan Rinto-Yonathan

Pantauan kareba-toraja.com, calon Bupati Toraja Utara nomor urut 1, Yosia Rinto Kadang menggunakan hak pilih di TPS 002 Kelurahan Rantepao. Sedangn calon bupati nomor urut 3, Kalatiku Paembonan di TPS 005 Tagari, Kelurahan Tagari, Kecamatan Tallunglipu.

Sementara calon Bupati Tana Toraja nomor urut 1, Theofilus Allorerung mencoblos di TPS 001 Kelurahan Lamunan Kecamatan Makale. Calon Bupati nomor urut 2, Nicodemus Biringkanae menggunakan hak pilih di TPS 005 Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale.

Hingga 20.42 Wita, situasi Kota Rantepao dan Makale terpantau aman dan tenang. Sementara di beberapa Posko Tim Pemenangan pasangan calon terlihat ada keramaian.

Di Posko Induk Tim Pemenangan pasangan Theofilus Allorerung – Zadrak Tombe, yang terletak di Jalan Nusantara Makale, ratusan pendukungan dan simpatisan menyambut kemenangan dengan sukacita setelah Ketua Tim Pemenangan, Tato Kamba, mengumumkan hasil real count versi Tim Pemenangan Theo-Zadrak.

Baca Juga  Ini Solusi OmBas-Dedy Mengatasi Masalah Sampah di Toraja Utara

Situasi kegembiraan dan sukacita yang sama terlihat di dua Posko Tim Pemenangan pasangan Yohanis Bassang dan Frederik Palimbong di Hotel Madarana Tallunglipu dan Lampan, Tallunglipu. Ratusan pendukung pasangan nomor urut 2 itu bergembira menyambut kemenangan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan kareba-toraja.com dari laman https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/73 hingga pukul 20.30 Wita, jumlah suara yang masuk di Pilkada Tana Toraja baru mencapai 6,95% dengan perolehan suara Theo-Zadrak 40,9%, Nico-Victor 35,1%, dan Albert-John 24,0%. Sedangkan Pilkada Toraja Utara, data masuk baru mencapai 4,76%, dengan perolehan suara Rinto-Pasodung 14,3%, Ombas-Dedy 45,8%, dan Kala-Etha 39,8%. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya