oleh

Lima Anak Pramuka di Tana Toraja Jadi Duta Perubahan Perilaku

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Lima orang anak yang merupakan anggota Pramuka Kwartir Cabang Pramuka Tana Toraja dinobatkan sebagai Duta Perubahan Perilaku oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tana Toraja.

Kelima Duta Perubahan Perilaku ini menerima apresiasi dari Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang ditandai dengan penyematan selempang dan pemberian piagam di selah-selah Peringatan Hari Jadi Ke-774 Toraja dan HUT Ke-64 Kabupaten Tana Toraja yang digelar di Gedung Tammuan Mali, Sabtu, 4 September 2021.

Kelimanya adalah Anindya Batara Randa, Shaquiyla Permata Tauraiya, Vinsensius Geraldy Kelana, Naedelin Grielsia Pagayang, dan Florensia Barek Making.

Lima orang anggota Pramuka Penggalang ini dinobatkan menjadi Duta Perubahan Perilaku Kwartir Cabang Pramuka Tana Toraja setelah melalui beberapa proses.

Baca Juga  BNNK Tana Toraja Lakukan Tes Urine di Salubarani, 2Sopir Dinyatakan Positif Narkoba

Pertama, Kwarcab Tana Toraja melakukan koordinasi dengan kepala BNN Kabupaten karena ada keterkaitan secara ter integrasi kolaborasi dalam menangani problematika kawula muda pada zaman atau era digitalisasi. Hal ini sangat rentan kepada peserta didik karena masih berada pada fase mencari identitas dalam kelabilan.

Kedua, Kwartir cabang gerakan Pramuka Tana Toraja sangat konsen dalam membina peserta didik melalui Pramuka, karena Pramuka adalah organisasi yang ditugaskan utk membentuk kepribadian anak Bangsa dalam rangka mengisi kemerdekaan menuju tatanan Indonesia baru. Melalui kerja sama BNN Kabupaten, mereka terpilih berdasarkan kajian dan pengamatan sikap dan perilaku oleh para pembinanya. Menghadapi HUT ke-64 Gerakan Pramuka, Kwarcab Gerakan Pramuka Tana Toraja bekerja sama BNN Kabupaten, melaksanakan diskusi interaktif secara live dengan tema diskusi mencari identitasnya sebagai anak dan sebagai peserta didik di sekolah.

Baca Juga  Pesan Bupati Toraja Utara kepada Pramuka: Jangan Hina Presiden!

Dari hasil diskusi kelima peserta didik dimintai komitmenya berdasarkan hati dan perasaannya sendiri. Kelima Duta Perubahan Perilaku ini berkomitmen antara lain:

  1. Menjadi pribadi yang berkomitmen untuk selalu dengar-dengaran sama orang tua, Guru, dan para Pembinanya dalam Pramuka.
  2. Menjadi pelopor dalam berperilaku baik, baik di rumah, di sekolah, maupun dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.
  3. Membantu Pramuka, dan BNN dalam menyosialisasikan bahaya narkoba, seks bebas, dan tindakan kriminal lainnya baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun dalam masyarakat pada umumnya.

Handayani Batara, Pengurus Kwarcab Pramuka Tana Toraja, mengatakan momen yang sangat strategis mendapatkan apresiasi langsung dari Plt Gubernur diharapkan semakin menumbuhkan semangat dan jati dirinya sebagai peserta didik karena dihari bersejarah Peringatan Hari jadi ke -774 Toraja dan HUT Ke-64 Kabupaten Tana Toraja mereka disematkan tandan dan sertifikat dari Plt. Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, disaksikan Bupati, Wakil Bupati, dan Ketua DPRD kabupaten Tana Toraja.

Baca Juga  Kapolres dan Personil Polres Tana Toraja Jalani Tes Urine untuk Deteksi Narkoba

“Semoga tahun-tahun ke depannya muncul lagi duta-duta baru terkait perubahan perilaku bagi peserta didik di Tana Toraja,” harap Handayani. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya