oleh

Kepala Perpustakaan RI Ajak Masyarakat Tana Toraja Perbanyak Membaca

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, M. Syarif Bando mengajak masyarakat Tana Toraja agar memperbanyak membaca guna meningkatkan sumber daya manusia Toraja yang unggul menuju Indonesia maju.

Ajakan meningkatkan minat baca ini disampaikan Syarif Bando dalam acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Provinsi Kabupaten/Kota tahun 2020 yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja, Kamis, 26 November 2020.

Syarif Bando mengatakan, Toraja adalah daerah dengan kebudayaan yang sangat tinggi sehingga masyarakat Toraja harus didorong agar mampu menulis dan menarasikan kejayaan kebudayaan dan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam Toraja ribuan tahun peradaban Toraja di dunia.

Baca Juga  Perpustakaan RI Bantu Dana Rp 10 Miliar untuk Bangun Perpustakaan Moderen di Tana Toraja

“Peningkatan indeks literasi masyarakat ini menjadi penting bagaimana mengangkat kualitas sumber daya manusia untuk memastikan pembangunan akan semakin maju ke depan sesuai dengan program Gubernur Sulsel,” harap Syarif Bando.

Kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat ini menghadirkan peserta dari kalangan pemerintah Kecamatan, pemerintah Lembang, tokoh adat, tokoh agama, pustakawan, guru, komunitas lapak baca, dan para Penggiat literasi.

Peningkatan Indeks Literasi menghadirkan narasumber Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Muhammad Hasan, Pastor Yans Sulo sebagai salah satu penggiat literasi budaya Toraja, dan M. Syarif Bando selaku kepala Perpustakaan RI. Turut hadir pula anggota Komisi X DPR RI, Eva Stevany Rataba. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya