oleh

Lagi, 6 Remaja dan Sepeda Motornya Terjaring Razia Knalpot Racing di Makale

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Jajaran Kepolisian Resor Tana Toraja kelihatan serius menertibkan penggunaan knalpot bising yang biasa dikenal dengan knalpot racing di wilayah hukumnya.

Selang sehari setelah Polsek Sangalla’ menjaring sepeda motor yang menggunakan knalpot racing, giliran anggota Patroli Motor (Patmor) Satuan Samapta, yang menjaring beberapa sepeda motor di jalanan Kota Makale.

Sebanyak enam sepeda motor yang menggunakan knalpot racing, bahkan beberapa diantaranya tidak dilengkapi peralatan standard an STNK, terjaring operasi Patmor Samapta, Jumat, 4 Februari 2022.

Kepala Satuan (Kasat) Samapta Polres Tana Toraja, AKP Gunarni Munda mengatakan, operasi yang dilakukan pihaknya menindaklanjuti perintah Kapolres Tana Toraja, AKBP Juara Silalahi, terkait banyaknya aduan masyarakat terhadap penggunaan knalpot racing ini. (Baca: Kapolres Tana Toraja Perintahkan Sat Lantas Tertibkan Knalpot Racing)

Baca Juga  Polisi Segel Café Karaoke Laruna, Pemiliknya Diperiksa

“Hari ini, kami menjaring 6 sepeda motor yang menggunakan knalpot racing. Kami akan terus melakukan patroli untuk memastikan tidak ada pengguna jalan yang menggunakan knalpot racing,” tegas AKP Gunarni Munda.

Dia menyebut, setelah terjaring di jalan, keenam sepeda motor tersebut beserta pengemudinya dibawa ke Mapolres Tana Toraja. Setelah diberi pembinaan, pengemudi sepeda motor diminta kembali ke rumahnya untuk mengambil knalpot standar beserta surat-surat dan kelengkapan standar sepeda motor (bagi yang tidak punya).

“Kalau sudah ada knalpot standar, kita suruh ganti. Kemudian, kalau surat-surat dan kelengkapan standar (spion, nomor polisi) sepeda motor terpenuhi, mereka boleh membawa pulang kendaraannya,” ujar AKP Munda.

Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat Tana Toraja, terutama para pelajar, agar tidak menggunakan knalpot racing, yang bisa menciptakan polusi suara akibat kebisingan yang ditimbulkannya. Jika masih membandel, polisi tidak akan segan-segan menindaknya. (*)

Baca Juga  Konsen Urus Perbatasan Kabupaten, Wabup Toraja Utara Optimis Tuntas Bulan Juni

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya