Dating “Datang” Palembangan Resmi Mendaftar Bacalon Bupati Toraja Utara di PDI Perjuangan

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Salah satu kandidat Bupati Toraja Utara, Dating Palembangan menepis keraguan sebagian kalangan yang menyebut dirinya tak serius maju dengan mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Toraja di PDI Perjuangan.

Dating Palembangan, yang belakangan dikenal dengan panggilan “Dating Datang” itu menyambangi markas DPC PDI Perjuangan di Jalan Pramuka Rantepao, Selasa, 9 April 2024 pagi.

Di sana, Dating Datang dan rombongan diterima Ketua DPC PDI Perjuangan Toraja Utara, Samuel Matasak, beserta beberapa pengurus DPC, seperti Paulus Tangke dan Suli Matius.

Kepada pengurus DPC PDI Perjuangan, Dating Datang menyampaikan keinginannya untuk mendaftar menjadi bakal calon Bupati Toraja Utara untuk Pilkada tahun 2024. Dia juga berharap, dirinya diusung oleh partai pimpinan Megawati Soekarno Putri tersebut.

Baca Juga  Hadapi Tahapan Kampanye, Bawaslu Tana Toraja Gelar Apel Siaga Pengawasan

“Hari ini saya mendaftar di PDI Perjuangan sebagai pendaftar pertama. Mudah-mudahan saya juga akan menjadi yang pertama, yang diusung oleh PDI Perjuangan nanti,” tutur Dating.

Dating juga menegaskan dirinya siap mengikuti proses penjaringan calon Kepala Daerah seperti yang diinginkan oleh PDI Perjuangan, dengan segala konsekwensinya.

Menurut Dating, karena PDI Perjuangan hanya memiliki 5 kursi di DPRD Toraja Utara, sehingga dirinya juga menyatakan siap mencari partai politik lain untuk berkoalisi dengan PDI Perjuangan, agar bisa mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara.

“Intinya kita siap menerima semua persyaratan dan mengikuti proses penjaringan. Harapan kita, PDI Perjuangan bisa memberikan rekomendasi,” ungkap Dating.

Baca Juga  Bawaslu Toraja Utara Buka Pendaftaran Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024

Dating juga menegaskan bahwa dirinya siap bekerja sama, bahu membahu dengan para kader PDI Perjuangan untuk memenangkan kontestasi Pilkada Toraja Utara November 2024 mendatang.

“Tentu kalua kita diusung, ya, kita siap bekerja sama dengan semua elemen partai untuk memenangkan Pilkada. Sebab, visi saya untuk membangun Toraja Utara hampir dan boleh dikatakan sama dengan PDI Perjuangan,” ungkap Dating.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Toraja Utara, Samuel Matasak menegaskan pihaknya menerima pendaftaran dari Dating Palembangan sesuai dengan mekanisme penjaringan bakal calon yang diamanatkan oleh DPP PDI Perjuangan.

“Tugas kami di sini hanya melakukan penjaringan. Berkas-berkasnya akan dikirim ke DPP melalui DPD PDI Perjuangan Sulsel,” ungkap Samuel.

Baca Juga  Bawaslu Toraja Utara Silaturahmi dengan Sejumlah Stakeholder Dalam Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024

Mengenai keputusan siapa yang akan diusung di Pilkada Toraja Utara, kata Samuel, merupakan kewenangan DPP PDI Perjuangan.

“Kita tentu akan diminta pertimbangan, tetapi keputusan akhirnya tetap di DPP,” tegas Samuel.

Samuel mengakui bahwa Dating Palembangan merupakan pendaftar pertama di partainya. PDI Perjuangan Toraja Utara membuka penjaringan bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati Toraja Utara hingga 31 Mei 2024 mendatang. (*)

Penulis: AP Lino
Editor: Arthur

Komentar