Politisi Nasdem, Eva Rataba Jajaki Potensi Wisata Kopi Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, BITTUANG — Politisi Partai Nasdem, yang juga anggota Komisi X DPR RI, Eva Stevany Rataba mengunjungi perkebunan kopi milik PT. Sulotco Jaya Abadi di Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja, Jumat, 24 Februari 2023.

Kunjungan ini, selain untuk mengetahui jumlah produksi, kondisi tenaga kerja, dan kerjasama dengan petani, juga menjajaki kemungkinan menjadikan kopi sebagai destinasi wisata khusus di Toraja.

Untuk diketahui, Komisi X DPR RI membidangi pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga, perpustakaan, yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Riset dan Teknologi RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Menurut Eva Stevany Rataba, selama ini, Toraja sudah dikenal dengan wisata budaya serta alam. Namun masih memiliki beberapa keunggulan yang bisa digali dan dikembangkan menjadi destinasi wisata, seperti wisata kopi.

Baca Juga  Berseteru Gegara Kasus Drama “Merantau”, Dua Pengacara Muda Toraja Ini Akhirnya Berdamai

“Selain wisata budaya, Toraja ada juga berpotensi mengembangkan wisata kopi,” kata Eva Stevany Rataba.

Menurut Eva, siapapun akan menyukai wisata kopi di Toraja. Pemandangan Toraja sendiri sangat indah. Bukit dan gunung dengan ketinggian 1.700 mdpl mengelilinginya.

“Peluang dan karakteristik ini yang jajaki untuk mengembangkan wisata kopi. Dengan berwisata kopi, orang bisa melihat dan mempelajari semua tentang kopi, mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemetikan, pengolahan, hingga menikmati hidangan minuman kopi,” terang Eva.

Menurut Eva, cita rasa kopi Toraja telah diakui oleh dunia internasional. Misalnya Skandinavia, Finlandia, Denmark, Swedia, Belanda, dan Jepang yang menjadi deretan negara pengimpor kopi Toraja. Bahkan kopi berlaber Toraja seperti Toraja Arabica Coffee mendapat tempat istimewa di berbagai kafe.

Baca Juga  Pemerintah Lembang Palipu' Mulai Salurkan BLT Dana Lembang Tahun 2021

Dalam kunjungannya ke perkebunan perusahaan ini, Eva Rataba menyaksikan langsung cara menyemai kopi, penanaman, penyiangan, pemetikan, dan pengolahan biji kopi hingga siap diseruput di cangkir.

Eva juga sempat berbincang dengan para karyawan yang bekerja di perusahaan PT. Sulotco Jaya Abadi. Juga beberapa petani kopi di sekitar perusahaan.

Dalam kunjungan ini, Eva Stevany Rataba didampingi Donny Batara, Manager Human Resources Development dan Strategic Management Office PT. Sulotco Jaya Abadi. (*)

Penulis: Gabriel Steven
Editor: Arthur

Komentar