oleh

Cegah Longsor, Dinas PUPR Tana Toraja Tanam Ribuan Pohon Pada Titik Rawan Longsor di Kecamatan Kurra

KAREBA-TORAJA.COM, KURRA — Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Tana Toraja menggelar kegiatan penanaman pohon di Wilayah Kecamatan Kurra, Selasa, 31 Agustus 2021.

Penanaman pohon ini bagian dari rangkaian peringatan HUT Kabupten Tana Toraja Ke-64 dan Hari jadi Toraja Ke-774 yang diperingati setiap tanggal 31 Agustus tiap tahunnya.

Kepala Dinas PUPR Tana Toraja, Kaboel Palipangan mengatakan pemilihan lokasi Kurra dilakukan karena wilayah Kecamatan Kurra termasuk wilayah yang rawan longsor terkait dengan jalan.

“Kita berharap penanaman pohon ini bisa mengurangi resiko longsor khususnya longsor yang berpotensi merusak atau menutupi jalan,” tutur Kaboel Palipangan.

Kaboel mengatakan penanaman pohon ini sekaligus edukasi ke masyarakat bahwa penanaman pohon di pinggir jalan itu penting demi mencegah longsor dan mengurangi resiko kerusakan jalan.

Baca Juga  Satu Unit Rumah Warga di Kurra, Tana Toraja, Ludes Terbakar

Kaboel menyebut mengatakan jenis pohon yang ditanam di pinggir jalan sebenarnya tidak harus jenis yang keras tapi ada kriteria-kriteria tertentu yang memang cocok untuk jalan yang bisa mengurangi resiko longsor misalnya jenis tabebuya, ketapang Kencana dan pucuk merah.

“Namun karena jenis ini stoknya tidak berhasil kami dapat sehingga kami memilih pohon jenis bayam dan uru oleh karena itu penanaman pohon jenis ini kami lakukan agak jauh dari jalan,” katanya. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya