oleh

Kadispora Tana Toraja Dukung Jamnas IV Barisan Pemuda Adat Nusantara

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tana Toraja, Erik Crystal Ranteallo, mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan Jambore Nasional (Jamnas) Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) yang akan dilaksanakan di Toraja, 19-26 November 2021.

Bertemu pada kegiatan Sosialisasi Peraturan Pembangunan Kepemudaan yang dilaksanakan Jhon Rende Mangontan selaku Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan di kediaman JRM di Kalaa’ Km 7, Crystal mengungkapkan dukungan dan dorangan semangatnya kepada BPAN karena telah menjadi organisasi kepemudaan satu-satunya yang mengangkat adat dan budaya Toraja.

BPAN merupakan organisasi sayap Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang bergerak di bidang pemuda adat dan gerakan pulang kampung.

“Sekarang ini banyak anak muda yang luntur nilai budaya bahkan pengetahuannya akan budaya Toraja. Mereka hanya tau bahwa budaya Toraja itu tunu tedong dan lainnya padahal adat dan budaya Toraja itu adalah siangkaran, sikamasean, sikamali’ dan nilai-nilai luhur lainnya yang mengandung nilai kesopanan. Anak muda Toraja harus dikenal sebagai generasi yang sopan dan santun. Karena kalau tidak sopan dan santun, berarti bukan orang Toraja,” ujar Crystal.

Selain itu, Eric Crystal selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga menjadwalkan diskusi dan bincang santai membahas Jambore Nasional Pemuda Adat ini agar persiapannya bisa maksimal dan eksekusinya bisa membuat bangga nama Toraja sebagai tuan rumah.

“Meskipun kami baru terbentuk pada bulan Februari 2021 lalu, kami sangat mengapresiasi penunjukkan dari nasional untuk Toraya menjadi tuan rumah,” ujar Aldio Parante, Ketua BPH Pengurus Daerah BPAN Toraya.

Diketahui bahwa Jamnas BPAN ini nantinya akan membahas mengenai adat istiadat dan peran gerakan pemuda adat dalam masyarakat serta hak-hak masyarakat adat. Selain itu akan ada agenda konsolidasi pembahasan Bakal Calon Ketua Umum BPAN periode berikutnya.

“Harapan kami, utusan dari Toraya bisa mewakili dalam pemilihan ini,” tambah Aldio Parante.

Jambore Nasional IV BPAN Wilayah Sulawesi Selatan akan diselenggarakan pada 19-26 November 2021 di Tongkonan Layuk Tandingan, Wilayah Adat Banga, Lembang Banga, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja. Kegiatan ini akan dihadiri 8 pengurus daerah se Sulawesi Selatan dan Barat serta pengurus nasional dan pengurus wilayah AMAN dan BPAN. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya