oleh

Jenazah Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang Dimakamkan di TMP Kalibata

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Jenazah Jenderal Polisi bintang tiga asal Toraja, Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Senin, 30 Agustus 2021.

Prosesi pemakaman dilaksanakan dengan upacara militer dipimpin Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Agus Andrianto. Sedangkan upacara militer pelepasan jenazah di rumah duka, Jalan Taruma Negara, Jakarta Selatan, dipimpin Kabaintelkam Mabes Polri, Komjen Paulus Waterpauw.

Sebelum diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir, dilaksanakan ibadah pelepasan oleh Jemaat GKI Pondok Indah Jakarta Selatan. Pada Minggu, 29 Agustus 2021 malam, ibadah penghiburan oleh Gereja Toraja Jemaat Jatiwaringin.

Jenazah Almarhum Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang diturunkan ke liang lahat sekitar pukul 13.00 WIB, setelah upacara militer.

Pemakaman jenazah Almarhum Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang di TMP Kalibata, Jakarta.

Kepergian mantan Kababinkam Mabes Polri ini mendapat simpati dan ungkapan duka dari para petinggi negeri ini. Ini terlihat dari ratusan karangan bunga yang memenuhi jalan dan pelataran rumah duka di Jalan Taruma Negara, Jakarta Selatan. Presiden Joko Widodo mengirim karangan bunga besar. Demikian pula dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kapolri, serta beberapa pejabat Polri, pejabat setingkat menteri, dan lain-lain.

Baca Juga  Insmerda Lebang Kembali Raih Penghargaan Pemimpin Profesional dan Tokoh Inovatif Terbaik 2020

Turut hadir dalam upacara pemakaman, diantaranya dua mantan Kapolri, Jenderal Polisi (Purn) Timur Pradopo dan Jenderal Polisi (Purn) Dai Bachtiar.

Karangan bunga ungkapan duka cita dari Presiden Joko Widodo dan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Orang Toraja Pertama yang Raih Bintang Tiga Polri

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs. Insmerda Lebang meninggal dunia di RS Pondok Indah Jakarta, sekitar pukul 11.30 WIB, Sabtu, 28 Agustus 2021, karena sakit.

Almarhum Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang lahir di Rantepao, 27 Desember 1949, putra dari Ernest Lebang dan Hermin Mangontan. Almarhum meninggalkan seorang istri, dua anak, dan dua cucu.

Dia merupakan putra Toraja pertama yang berhasil meraih bintang tiga di Kepolisian Republik Indonesia. Saat ini sudah ada beberapa orang, seperti Komjen Pol Gories Mere dan Komjen Pol Dharma Pongrekun.

Baca Juga  Kabar Duka, Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang Tutup Usia

Sebelum pensiun, Insmerda menduduki jabatan Kepala Badan Pembinaan Keamanan Polri (Kababinkan Mabes Polri). Dia menduduki jabatan ini dari tahun 2004-2006.

Pada tahun 2006, Insmerda Lebang beserta beberapa tokoh lainnya menggagas pertemuan besar masyarakat Toraja yang dikenal dengan event Toraya Mamali’.

Dua mantan Kapolri, Jenderal Polisi (Purn) Timur Pradopo dan Jenderal Polisi (Purn) Dai Bachtiar, yang menghadiri upacara militer pemakaman Almarhum Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang di TMP Kalibata Jakarta.

Sebelumnya, dia juga pernah menduduki jabatan Kapolda Sulawesi Utara dan Kapolda Jawa Tengah.

Setelah pensiun, Komjen Pol (Purn) Insmerda Lebang menduduki beberapa jabatan Komisaris di BUMN. Terakhir dia menjabat Komisaris Utama PT. Trinitan Metals and Minerals Tbk (PURE). Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan tersebut akan melakukan Ground Breaking Smelter Nikel berkolaborasi melalui empat perusahaan asing, termasuk dari Tionkok, Jepang dan Korea dengan total inveasti Rp 51 Triliun.

Baca Juga  Insmerda Lebang Kembali Raih Penghargaan Pemimpin Profesional dan Tokoh Inovatif Terbaik 2020

Komjen Pol. (Purn) Insmerda Lebang memiliki sederet pengalaman dan karya, baik di lingkup Polri maupun BUMN. Insmerda Lebang pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Timah Tbk dan Komisaris PT Feron Tambang Kalimantan. Dia juga pernah menjabat Komisaris PT Garuda Indonesia TBK, Komisaris PT Pelindo Energi Logistik dan PT Pelindo Indonesia III. Saat ini beliau juga masih menjabat sebagai komisaris di salah satu bank swasta papan atas di Indonesia. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya