oleh

Reshuffle Pejabat Tana Toraja; Skuad Lama Digeser, 5 Jabatan Strategis Lowong

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung melakukan reshuffle pada jajaran eselon II di lingkup Pemkab Tana Toraja, Senin, 8 Agustus 2022.

Sejumlah pejabat lama digeser posisinya. Namun, pergeseran itu menimbulkan kekosongan pada lima jabatan strategis.

Meyer Dengen, orang kepercayaan Theofilus pada periode pertama menjadi Bupati Tana Toraja, dikembalikan ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Sebelumnya, Meyer diposisikan di Badan Pendapatan Daerah (Bappenda).

Meyer kembali berganti posisi dengan Margaretha Batara, yang pada pemerintahan sebelumnya menduduki jabatan Kepala BPKAD. Margaretha digeser untuk menempati posisi yang ditinggalkan Meyer Dengen, yakni Kepala Bapenda.

Kaboel Palipangan, yang pada masa pemerintahan Nicodemus Biringkanae dipercayakan menjadi Kepala Dinas PUPR, digeser menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik.

Baca Juga  Pemkab Tana Toraja Teken Kerjasama dengan FISIP Unhas Terkait Lembaga Penyiaran Lokal

Dr Yunus Sirante, yang bertahan cukup lama di Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kini digeser menjadi Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Istri mantan Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, yakni Rospita Napa, juga digeser dari Dinas Pariwisata. Napa dipercayakan memimpin Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Posisi yang ditinggalkan Napa ditempati Adelheid Sosang, mantan Wakil Bupati periode 2010-2015 yang berpasangan dengan Theofilus Allorerung, juga istri mantan Bupati Tana Toraja, Johanis Amping Situru.

Sejumlah pejabat lainnya yang mengalami pergeseran, diantaranya Eric Kristal Ranteallo, yang sebelumnya menjadi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga mendapat posisi baru sebagai Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah menggantikan Nirus Nikolas. Nirus selanjutnya digeser ke Dinas Lingkungan Hidup menggantikan Adelheid Sosang.

Baca Juga  Kebakaran di Pasar Baru Sangalla’; 13 Lapak Ludes, 31 Orang Tinggal di Tenda

Kemudian, Armi Lenggo, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perhubungan dipercayakan menangani Satuan Polisi Pamong Praja. Jabatan yang ditinggalkan Army, lowong.

Anton Toding, yang sebelumnya menjadi Kepala Dinas Pendidikan digeser ke Dinas Pemuda dan Olahraga. Sedangkan Joni Tonglo, yang sebelumnya menduduki posisi Kepala BKPSDM ditarik menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM.

Posisi yang ditinggalkan Joni Tonglo ditempati Iwanto Siappa, yang sebelumnya menjabat Kasatpol Pamong Praja.

Kemudian, Maraya Allosomba ditunjuk menjadi Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Dan dr Ria Tanggo, yang sebelumnya menjadi Kepala Dinas Kesehatan dipindahkan ke Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Sedangkan lima jabatan strategis yang lowong akibat pergeseran ini, yakni Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan.

Baca Juga  SDN 129 Lea, Tana Toraja, Jadi Pilot Project Penerapan Teknologi MIMO dalam Mendukung PBM

Selain pejabat eselon II atau Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Theofilus juga melantik Pejabat Administrator, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah Lingkup Pemerintah Kabupaten Tana Toraja. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar