Senator Lily Amelia Salurapa Serahkan Bantuan Ternak Kerbau kepada Kelompok Tani di Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa menyerahkan secara simbolis bantuan ternak kerbau untuk  kelompok tani (peternak) di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Anggota DPD RI Dapil Sulsel ini mengusulkan 30 ekor kerbau yang diserahkan untuk 3 kelompok peternak. Masing-masing peternak mendapat 10 ekor kerbau. Penyerahan bantuan ternak secara simbolis dilakukan di di Panga’, Kecamatan Tondon, Kabupaten Toraja Utara, Kamis, 12 Desember 2023.

Senator Lily Amelia Salurapa mengaku jika bantuan ternak ini tidak hanya diberikan kepada peternak di Toraja saja, namun didaerah lain seperti kelompok peternak di Kabupaten Bulukumba juga mendapatkan hal yang sama.

Bantuan ini atas usulan Senator Lily yang diteruskan ke Kementerian Pertanian RI untuk kelompok peternak yang mengajukan permohonan kepada DPD RI.

Baca Juga  Viral di Medsos, Oknum Pelajar dari 3 Sekolah di Mengkendek dan Gandasil Terlibat Tawuran

“Ada total 30 ekor kami sudah usulkan, untuk di dapil Sulsel ada 40 yang kami usulkan, ada juga di Bulukumba,” ujar Lily Salurapa.

Senator yang merupakan putri asli Toraja ini menambahkan, bantuan kerbau ini sejak lama kami usulkan dan baru terealisasi tahun ini, dan ini juga merupakan program Kementerian Pertanian RI. Bantuan diusulkan melalui Dinas terkait, namun dalam proses pengusulannya terkendala.

Sehingga kata dia, dirinya berinisiatif menjadi penghubung antara daerah dan pemerintah pusat hingga bantuan tersebut teralisasi.

“Kami komunikasi langsung dengan pihak Kementrian, dalam proses ini kurang lebih setahun lalu. Kita bersyukur telah direalisasikan. Ini koordinasi ke Dinas Pertanian di Pemprov Sulsel hingga ke tingkat pemerintah kabupaten. Bantuan ini jelas sebagai wujud kepedulian kepada peternak di wilayah Sulsel yang diserap dari masyarakat,” terang Senator Lily Salurapa.

Baca Juga  Selain Menjaga, Polisi Juga Bagikan Masker kepada Pengunjung Objek Wisata di Toraja Utara

Lily berharap, bantuan kerbau ini dapat berkembang biak dengan baik. Sehingga populasi kerbau di Toraja Utara terus meningkat. Apalagi, kata dia, melalui bantuan ini Kabupaten Toraja Utara akan menjadi percontohan.

“Kita berharap bantuan hewan ternak ini dapat berkembang biak dengan baik, dan di tempat ini di Toraja Utara bagian dari percontohan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Siska Papalangi’/Rls
Editor: Arthur

Komentar