Pelestarian Budaya Melalui Pemberdayaan Perempuan dalam Manajemen Usaha dan Digitalisasi Pemasaran Kain Tenun Asli Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, SA’DAN — Tiga orang dosen Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Lembang Sa’dan Matallo, Kecamatan Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara, 6-7 Oktober 2023.

Ketiga dosen tersebut, masing-masing Rahma Gusmawati Tammu, SE., M.Si., MM sebagai Ketua Tim dan Mey Enggane Limbongan, SE., MM, serta Stefani Marina Palimbong SE., Ak., M.Si sebagai anggota. Selain dosen, terdapat pula 4 orang mahasiswa MBKM.

Ketiga dosen tersebut melaksanakan PkM kepada mitra mereka, yakni Kelompok Remaja Pengrajin Tenun Sa’dan Matallo.

Tema besar yang mereka bawa dalam PkM ini adalah “Pelestarian Budaya Melalui Pemberdayaan Perempuan dalam Manajemen Usaha dan Digitalisasi Pemasaran Kain Tenun Asli Toraja.”

Baca Juga  Bertambah 15 Kasus Hari Ini, Total Positif Covid-19 di Toraja Utara 136 Orang

Kegiatan PkM ini merupakan pelaksanaan dari Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Kemdikbudristekdikti Tahun Anggaran 2023. Tujuan kegiatan memberikan pendampingan manajemen Usaha dan Digitalisasi Pemasaran Kain Tenun Toraja.

Dalam pelaksanaan PkM ini, para dosen menemukan permasalahan yang dialami oleh mitra, diantaranya:

  1. Aspek Manajemen Usaha: mitra belum memahami pembagian tugas dalam pengelolaan usaha, belum dilakukannya identifikasi biaya dalam pembuatan tenun, belum ada perhitungan Harga Pokok Produksi Tenun serta pencatatan keuangan tidak dilakukan sehingga mitra tidak bisa memperkirakan keuntungan rill yang didapatkan dari setiap set tenun.
  2. Aspek pemasaran: pemasaran kain tenun dilakukan secara manual (dari mulut ke mulut) dan hanya sampai pemasaran menggunakan WA/Facebook. Mitra belum mengetahui pentingnya pemasaran berbasis digital khususnya penggunaan marketplace.
Baca Juga  Batingna Lebonna, Eran Dilangi, dan Tengkoasik Akan Pentas pada Hari Tari Sedunia di Rantepao

Melihat kondisi ini, kegiatan PKM diarahkan untuk memberikan solusi atas permasalahan mitra dengan pelatihan terkait Manajemen Usaha.

Adapun materi yang disampaikan kepada mitra, diantaranya:

  • Pentingnya Pengelolaan SDM dalam UMKM oleh Rahma Gusmawati Tammu, SE., M.Si., MM.
  • Identifikasi Biaya Pembuatan Tenun, Perhitungan Harga Pokok Produksi Tenun, Pencatatan Keuangan berbasis Digital oleh Stefani Marina Palimbong SE., Ak., M.Si.
  • Materi 4 Pelatihan Pemasaran berbasis Digital dan Pendampingan Pembuatan Akun Marketplace oleh Mey Enggane Limbongan, SE., MM.

Usai pelaksanaan PkM, salah satu peserta bernama Yarin, menyatakan dirinya bersama rekan-rekannya sangat berterima kasih atas kehadiran Dosen dari UKI Toraja membagikan materi-materi yang sangat bermanfaat untuk usahanya ke depan.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Kios di Belakang Asrama Polsek Rantepao Terbakar

“Materinya singkat dan bermanfaat. Kami bisa memahami identifikasi biaya terkait tenun terlebih lagi mengenai pemasaran modern sehingga kami anak-anak muda bisa termotivasi untuk mengembangkan  usaha kami yang merupakan usaha rumah tangga bisa seperti usaha-usaha lainnya berkembang lebih baik lagi,” tutur Yarin. (*)

Penulis: Arsyad Parende/Rls
Editor: Arthur

Komentar