oleh

Hadiri Toraja & Beyond Tourism Week, Bupati Ajak Menaperakraf ke Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menghadiri pameran pariwisata bertajuk “Toraja and Beyond Tourism Week” yang dilaksanakan di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 3 Oktober 2021 malam.

Selain menghadiri, bersama Menteri Pariwisata dan Ekenomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Bupati Toraja Utara juga mencanangkan Pariwisata Toraja Bangkit.

Turut hadir mengikuti pencanangan secara virtual, yakni Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, dan Wabup Tana Toraja Zadrak Tombeg, serta beberapa Toraja.

Dalam sambutan Bupati Toraja Utara,  Yohanis Bassang, memberikan apresiasi tinggi atas gelaran event pariwisata yang digagas Direktur MRT Jakarta, William Sabandar ini.

Event ini, kata dia, memiliki tujuan dan manfaat yang besar, karena selain memperkenalkan, juga menggairahkan kembali industri pariwisata Toraja.

Baca Juga  Timsus Singgalung Polres Toraja Utara Tangkap 8 Terduga Pelaku Judi Sabung Ayam, Ada Oknum Pelajar dan Mahasiswa

“Saya bersyukur dan mengapresiasi kegiatan Toraja and Beyond Tourism Week ini, dimana dengan adanya kegiatan ini untuk mempromosikan dan lebih mengenal pariwisata, adat istiadat dan kebudayaan yang ada di Toraja,” ungkap Bassang.

Bassang juga mengundang secara langsung Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno untuk berkunjung ke Toraja Utara.

“Melalui kesempatan ini, saya mengundang Bapak Menteri (Pariwisata dan Ekeonomi Kreatif) untuk datang di Toraja Utara. Toraja Utara, Pak Menteri, menawarkan destinasi wisata yang sangat menarik. Ada negeri diatas awan, kuburan alam, panorama alam yang sangat indah dan adat budaya yang unik serta pasar hewan Bolu yang merupakan pasar hewan terbesar dan satu-satunya di dunia,” terang Bassang.

Baca Juga  Dalam 3 Hari, 4 Warga Meninggal karena Covid-19 di Tana Toraja

Menanggapi hal itu, Menparekraf, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung pengembangan dan kemajuan pariwisata Sulawesi Selatan, khususnya Toraja.

Untuk membangun pariwisata, lanjutnya, kita harus gerak cepat, gerak bersama, dan gerakkan semua potensi.

“Saya sangat mendukung pengembangan pariwisata Sulsel, khususnya Toraja. Oleh sebab itu dalam pengembangan pariwisata kita harus gerak cepat, gerak bersama dan kita menggerakkan semua potensi yang ada, sehingga hasil pengembangan pariwisata memperoleh hasil yang maksimal,” ungkap Sandiaga.

Toraja & Beyond Tourism Week ini menghadirkan berbagai kebudayaan yang ada meliputi tarian 4 Etnis di Sulawesi Selatan seperti Bugis (Tarian Paddupa), Makassar (Tarian Pakkarena), Mandar (Tarian Bulu Londong), dan Toraja (Tarian Ma’Gellu). Pengunjung juga dapat melihat langsung proses menenun dan mengukir dari komunitas UMKM.

Baca Juga  Selain Pangan Serta Relawan, Pemda dan Polres Toraja Utara Juga Buka Dapur Umum di Mamuju

Toraja and Beyond Tourism Week diinisiasi oleh MRT Jakarta, dimana pimpinan MRT Jakarta sekarang adalah putra Toraja, William Sabandar. (*)

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya