oleh

Digelar 4-10 Oktober, Toraja Highland Festival Diharapkan Bisa Bangkitkan Gairah Wisata Toraja Utara Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Highland Festival Toraja Utara siap untuk digelar 4-10 Oktober 2021 di sejumlah tempat di Kabupaten Toraja Utara.

Kesiapan pelaksanaan Toraja Highland Festival disampaikan Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) MPC Toraja Utara, Damayanti Batti pada press confrence yang digelar di Ruang Media Center Satgas Covid-19, Kantor Bupati Toraja Utara, Selasa, 28 September 2021.

Masata MPC Toraja Utara adalah pelaksana kegiatan Toraja Highland Festival.

Didampingi Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong dan dipandu Sekretaris Diskominfo Toraja Utara, Anugerah Yahya R, Ketua Masata Toraja Utara, Damayanti Batti dalam pemaparannya mengatakan Toraja Highland Festival siap digelar setelah sempat tertunda akibat penerapan PPKM.

Baca Juga  Kepada Jajaran Disdukcapil, OmBas: Jangan Persulit Masyarakat!

“Toraja Highland Festival digagas dengan maksud untuk memasyarakatkan program- program Nasional pada sektor pariwisata, seperti Desa Wisata, Geopark, dan UMKM dengan sasaran generasi muda hingga masyarakat luas,” terang Damayanti .

Mengusung Tema “Sinergitas Antarlini untuk Membangkitkan Pariwisata dari Desa Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Bangsa”, Damayanti mengurai secara singkat rundown kegiatan yang akan dibuka tanggal 4 Oktober di Hotel Misliana oleh Menteri atau Wakil Menteri Pariwisata (masih menunggu konfirmasi kehadiran). Kegiatan pembukaan akan dirangkaikan dengan acara Bulan Inklusi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Selanjutnya, tanggal 5 Oktober 2021 akan dilaksanakan Seminar Nasional dengan Narasumber dari Bappenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Desa. Juga hadir narasumber dari Asosiasi Experiential Learning Indonesia yang bergerak di bidang outdoor training yang sekaligus akan memberikan TOT Outbound kepada Pokdarwis Lembang di Toraja Utara.

Baca Juga  Dalam Tiga Hari, 2 Pasien Positif Covid-19 di Toraja Utara Meninggal Dunia

Tanggal 5 – 9 Oktober 2021 akan digelar kegiatan vaksinasi sebanyak 5000 dosis di Lapangan Bakti Rantepao.

Selanjutnya Pekan Raya Toraja meliputi pemeran dan bincang santai UMKM, pameran dan klinik fotografi tanggal 4-10 Oktober di Lapangan Bakti Rantepao. Disediakan 35 stand/booth bagi para UMKM dan Dekranasda, baik Kabupaten maupun Provinsi.

Selain acara inti diatas, juga diselenggarakan Pra Event berupa Lomba Foto Wisata tingkat lokal dan nasional serta lomba Blog Wisata nasional dan Vlog Wisata lokal.

Terkait pelaksanaan kegiatan Toraja Highland Festival, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V. Palimbong mengatakan tujuan utama kegiatan adalah untuk menggairahkan kembali pariwisata Toraja Utara di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga  167 Peserta Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS di Toraja Utara Dinyatakan Lulus

Frederik mengatakan kegiatan ini adalah event promosi wisata yang kedua yang digelar Pemda Toraja Utara setelah kelonggaran PPKM diberikan kepada masyarakat.

“Tentu ini bukan Festival terakhir namun akan dilakukan banyak festival-festival ke depan untuk terus menggairahkan Pariwisata dan diharapkan bisa memberi dampak terutama UMKM yang paling banyak terdampak akibat pandemi Covid-19,” kata Frederik.

Dia juga menyebut untuk mencapai tujuan itu, maka setiap event atau festival yang akan dilaksanakan tentu harus direncanakan dan disosialisasikan secara maksimal. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya