oleh

Event Akbar Bertajuk “Toraja Carnaval” Akan Digelar di Pango-Pango Akhir Tahun Ini

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Event akbar yang akan menjadi event pertama pasca pandemi Covid-19 akan segera digelar di Kabupaten Tana Toraja, tepatnya di Agrowisata Pango – Pango akhir tahun 2021.

Event bertajuk Toraja Carnaval dijadwalkan akan digelar pada tanggal 29 sampai dengan 31 Desember 2021 itu merupakan ide dan inisiasi Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Fraksi Partai Golkar John Rende Mangontan berkolaborasi dengan Pemda Tana Toraja, Kader Golkar, Bapera, serta Garda JRM.

Toraja Carnaval akan menghadirkan 3 event utama, yaitu Festival Band se-Sulawesi, Festival Tari Pa’gellu Kontemporer, dan lomba Taman Christmas. Pada malam puncak acara yang merupakan malam pergantian tahun dari 2021 ke tahun 2022 akan diisi dengan atraksi pesta Kembang Api.

Toraja Carnaval dijadwalkan akan menghadirkan bintang tamu nasional berdarah Toraja, yang merupakan pentolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol, Kamasean dan Sharon serta sejumlah bintang tamu lokal.

Baca Juga  Akhirnya, Prodi Teknik Sipil UKI Toraja Terakreditasi BAN-PT

Kesiapan pelaksanaan event akbar ini mulai dilakukan ditandai dengan pembentukan panitia dan penyusunan konsep kegiatan yang diselenggarakan di Agrowisata Pango-pango, Minggu, 10 Oktober 2021.

Dalam rapat perdana tersebut, John Rende Mangontan selaku penggagas kegiatan, memaparkan konsep kegiatan yang tujuan utamanya adalah membangkitkan kembali gairah pariwisata Toraja yang mati suri akibat Pandemi Covid-19.

“Toraja Carnaval ini juga bertujuan membangkitkan kembali kreativitas kaum milenial, baik sebagai peserta lomba festival maupun sebagai panitia penyelenggara,” ujar JRM panggilan akrab John Rende Mangontan.

Rapat pembahasan kegiatan Toraja Carnaval dipimpin langsung Ketua Panitia Toraja Carnaval, Nikodemus Mangera yang juga Anggota DPRD Tana Toraja Fraksi Partai Golkar didampingi Wakil Ketua Frans Lading, Sekretaris Natan dan Bendahara Lisa.

Baca Juga  Dump Truk dan Tronton Bertabrakan di Salubarani, Tana Toraja

Nikodemus Mangera menjelaskan bahwa Panitia Toraja Carnaval menyediakan total hadiah ratusan juta rupiah untuk para pemenang lomba Toraja Carnaval.

Untuk Festival Band Se-Sulawesi, pesertanya terbuka untuk umum dengan ketentuan usia 16-24 tahun. Festival Band dibagi dalam dua babak, yakni babak penyisihan dan babak final. Setiap peserta menampilkan dua lagu, yakni lagu Toraja dan lagu pilihan.

Untuk lomba Taman Christmas, setiap peserta wajib menggunakan bahan daur ulang dan ramah lingkungan. Lomba Taman Christmas akan mulai digelar awal bulan 12 sampai tanggal 24 Desember atau sehari sebelum perayaan Natal.

Hadiah yang disiapkan panitia untuk setiap eventnya masing-masing juara I sebesar Rp10 juta, juara II sebesar Rp7 juta, juara III sebesar Rp5 juta, harapan I sebesar Rp 3 juta, dan harapan II sebesar Rp2 juta.

Baca Juga  Pelaku Percabulan Terhadap Anak Tiri yang Masih di Bawah Umur di Bittuang Harus Dihukum Berat

“Setiap juara juga berhak atas Piala Bergilir dan piagam penghargaan,” jelas Niko Mangera.

Khusus untuk Festival Band, panitia juga menyediakan hadiah masing-masing Rp500 ribu untuk masing-masing the best drum, the best guitar, the best bass, the best vokal, dan the best keyboard.

“Selain tiga event besar di atas, juga akan diisi dengan pameran UMKM dari sanggar-sanggar seni yang ada di Tana Toraja,” urai Niko.

Panitia menegaskan semua yang hadir di lokasi kegiatan, baik panitia maupun peserta, harus sudah menerima vaksinasi Covid-19.

Untuk informasi lebih lengkap terkait jadwal pendaftaran dan ketentuan lomba bisa menghubungi panitia di nomor kontak (085 348 159 228 /Gladys) dan (085 346 382 646/ Astri) atau bisa mendatangi langsung. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya