Sehari, 2 Pendeta yang Pernah Ketua DPRD dan Anggota KPU , Meninggal Dunia

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Kabar duka. Dalam jeda waktu hanya sekitar 4 jam pada Kamis, 30 November 2023, dua Pendeta Gereja Toraja, masing-masing Pdt. Gideo Garo Raru dan Pdt. Luther Tamba, meninggal dunia. Keduanya meninggal di RS Elim Rantepao.

Pendeta Gideo Garo Raru, yang biasa disapa Pdt G.G Raru meninggal dunia sekitar pukul 14.00 Wita. Berselang empat jam kemudian, Pdt Luther Tamba, juga meninggal sekitar pukul 18.15 Wita.

Kabar berpulangnya dua Pendeta yang cukup dikenal publik secara luas ini dibenarkan oleh Ketua Umum Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Pdt Alfred Anggui.

Melalui sambungan telepon, Pdt Alfred Anggui mengakui bahwa dirinya yang saat ini berada di luar Toraja, mendapat kabar duka dari dua Pendeta Toraja, yakni Pdt G.G Raru dan Pdt Luther Tamba.

Baca Juga  Hari Perempuan Sedunia Diperingati dengan Demo Soal Tambang di Toraja

“Iya, Gereja Toraja berduka. Saya kaget juga dapat berita ini. Tadi siang Bapak Gideon Raru, baru-baru tadi Bapak Luther Tamba,” tutur Pdt. Alfred.

Kabar mengenai kepergian Pdt Luther Tamba juga dibenarkan oleh mantan anak buahnya di DPRD Tana Toraja,  Laurensius Siba. Dia menyebut, Pdt Luther tidak menderita sakit. Namun, pada Kamis petang, merasa kurang enak badan dan dibawa ke RS Elim. “Sampai di Elim beberapa lama, kemudian beliau pergi,” tutur Siba.

Almarhum Pdt Gideon Garo Raru dan Pdt. Luther Tamba merupakan dua Pendeta Gereja Toraja. Meski belum pernah berkarir di Badan Pekerja Sinode, namun Pdt Gideon Raru adalah salah satu tokoh yang turut membangun serta membesarkan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja.

Baca Juga  Kapolres Tana Toraja: Tidak Ada Ruang dan Toleransi untuk Penjudi Sabung Ayam

“Bahkan sampai akhir hayatnya, Almarhum masih menjadi Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Makale (YPTKM), yayasan yang menaungi UKI Toraja,” tutur Pdt. Alfred Anggui.

Dalam catatan KAREBA TORAJA, selain di lingkungan gereja, kedua Pendeta ini pernah berkarir di bidang politik. Pdt Gideo Raru pernah menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja, periode 2005-2010. Dipimpin Salaga Tana kala itu, Pdt Gideo Raru adalah salah satu anggota KPU pertama di Kabupaten Tana Toraja.

Sedangkan Pdt Luther Tamba adalah salah satu Pendeta yang cukup lama dan panjang berkarir di bidang politik. Pdt Luther Tamba pernah tercatat sebagai Sekretaris DPD II Partai Golkar Tana Toraja pada periode kepemimpinan M.T Allorerung dan Johanis Amping Situru.

Baca Juga  WCD 2022; Membiasakan Diri Memilah Sampah Organik dan Anorganik

Pdt Luther Tamba juga pernah tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja dari Partai Golkar periode 1999-2004. Dia kemudian terpilih kembali pada Pemilu tahun 2005. Bahkan Pdt Luther Tamba pernah mencatatkan dirinya sebagai Ketua DPRD Tana Toraja, periode 2005-2010 sebelum diganti antar waktu oleh Pretty Tandirerung. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar