oleh

Dua Atlet Sepak Takraw Asal Toraja Utara Sumbang Medali untuk Tim Papua di PON XX

KAREBA-TORAJA.COM, JAYAPURA — Selain Inez yang meraih medali perunggu pada cabang Cricket bersama Tim Sulawesi Selatan, masih ada dua atlet asal Toraja yang mengumbang medali untuk Tim Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kedua atlet itu, yakni Yuli Pakombong dan Rendy Pangala. Keduanya bergabung dalam Tim Sepak Takraw Provinsi Papua yang berlaga di PON XX. Yuli Pakombong diketahui berasal dari Tondon, Toraja Utara. Sedangkan Rendy Pangala’ berasal dari Bokin, Toraja Utara.

Selain atlet, ada orang Toraja lainnya yang memimpin Tim Sepak Takraw Papua. Dia adalah Dr. Marcy Rita, ST, MM, yang berasal dari Kesu’ yang bertindak sebagai manajer Tim Sepak Takraw Provinsi Papua. Marcy Rita diketahui merupakan Ketua Harian Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Provinsi Papua.

Baca Juga  BPS Gereja Toraja Kecam Aksi Terorisme yang Membantai 4 Warga Asal Toraja di Poso

Kepada kareba-toraja.com, yang menghubunginya melalui saluran telepon, Rabu, 13 Oktober 2021 malam, Marcy Rita mengatakan bahwa Tim Sepak Takraw menyumbang 2 medali emas, 1 perak, dan 4 medali perunggu pada perhelatan PON XX yang berlangsung sejak tanggal 2-15 Oktober 2021.

Yuli Pakombong menyumbang empat medali, diantaranya emas dari nomor pertandingan Hoop Putri, kemudian medali perak pada nomor double event, serta dua medali perunggu pada nomor double Tim dan Kuadran.

Sedangkan Rendy Pangala menyumbang tiga medali, diantaranya medali emas dari nomor pertandingan Hoop Putra, dan dua medali perunggu dari nomor double tim dan kuadran.

“Selaku Ketua Panpel dan Manager Sepak Takraw, kami bersyukur kepada Tuhan karena bisa mendapatkan medali emas 2, perak 1, dan perunggu 4, dari 25 Provinsi yang ikut dalam pertandingan SepakTakraw PON XX Papua. Semuanya ini kami persembahkan untuk masyarakat di Tanah Papua,” ungkap Marcy Rita.

Baca Juga  UKI Toraja Gelar Wisuda Sarjana dengan Protokol Kesehatan Covid-19 yang Ketat

Terkait dua atlet asal Toraja yang bergabung di skuad Papua, Marcy mengatakan bahwa mereka memiliki talenta dan bakat yang luar biasa. Karena itu pula, sehingga PSTI Papua merekrut mereka untuk memperkuat Tim Papua di PON XX.

“Dan mereka mampu memberikan kemampuan terbaik untuk Papua,” kata Marcy.

Tim Sepak Takraw Putri dan Putra Provinsi Papua yang berlaga di PON XX.

Khusus untuk Yuli Pakombong, kata Marcy, bahkan sudah dilirik oleh Pelatnas Sepak Takraw untuk atlet nasional di masa depan.

Karena begitu banyak bakat alam yang dimiliki oleh anak-anak muda Toraja, Marcy Rita menyarankan agar KONI dan pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja memberikan perhatian lebih kepada mereka yang potensial.

Baca Juga  Pengurus Pusat PMTI, Periode 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

“Potensi kita luar biasa, terutama di cabang Sepak Takraw. Ini mesti mendapat perhatian serius dari pemerintah kedua kabupaten yang ada di Toraja. Perbanyak kompetisi agar kemampuan alami mereka bisa muncul ke permukaan,” kata Marcy Rita, yang sehari-hari bertugas di Biro Umum Pemprov Papua tersebut. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya