Cuaca Ektrim, Warga Toraja Dihimbau Waspada

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Pohon tumbang, tanah longsor, angin kencang plus curah hujan yang tinggi, adalah kondisi cuaca yang dialami masyarakat Toraja Utara beberapa dua hari belakangan ini.

Itu sebabnya, warga dihimbau waspada dan berhati-hati. Tidak keluar rumah atau melakukan perjalanan saat hujan lebat.

“Kepada masyarakat dimohon untuk berhati-hati dan jika tidak ada keperluan mendesak untuk tetap di rumah saja. Karena cuaca ektrim ini menyebabkan banyak terjadi bencana,” ungkap Kepala Markas Daerah (Kamada) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Toraja Utara , Yaya Rundupadang, di sela-sela kegiatan evakuasi pohon tumbang di jalan poros Makale-Rantepao, tepatnya di Buntu Buaya, Lembang Tadongkon, Kecamatan Kesu’, Jumat, 14 April 2023 sore.

Baca Juga  Dua Unit Rumah Warga Ludes Terbakar di Bonggakaradeng, Tana Toraja

Selain pohon tumbang, hujan disertai angin kencang juga merusak sejumlah atap rumah warga.

Yaya menyebutkan, berdasarkan catatan PMI Toraja Utara, selama dua hari ini, cuaca selalu mengkhawatirkan pada siang hingga sore.

Selain di Lembang Tadongkon, pohon tumbang juga menjmpa jalan di daerah Ranteallo, Kecamatan Tallunglipu, serta di daerah Tondon, Kecamatan Tondon.

“Pohon tumbang ini selain membahayakan pengguna jalan, juga merusak jaringan listrik sehingga beberapa lembang mengalami pemadaman listrik,” terang Yaya. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar