Dipimpin 2 Uskup, OMK PUKAT Jabodetabek Nyangikan Lagu-lagu Toraja pada Perayaan Paskah

KAREBA-TORAJA.COM, BOGOR — Persekutuan Umat Katolik Toraja (PUKAT) Jabodetabek Cs merayakan Paskah di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, 21 April 2024.

Perayaan Paskah ini diawali dengan Ondo Pua dan Parade dari berbagai wilayah PUKAT, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang dan Serang.

Agenda utama dari Perayaan Paskah ini adalah Perayaan Ekaristi yang bertelatan dengan Hari Minggu Panggilan Sedunia ke-61.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh 2 Uskup, yaitu Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM (Uskup Keuskupan Surfagan Bogor) dan Mgr. Petrus B. Timang (Uskup Emeritus Keuskupan Banjarmasin).

Dalam Perayaan Ekaristi ini OMK Pukat membawakan beberapa lagu liturgi berbahasa Toraja dan lagu To Mepare serta menampilkan tarian Pa’gellu’ sebagai tanda syukur atas berkat Tuhan yang melimpah bagi Umat Katolik Toraja.

Baca Juga  Puncak Perayaan Yubileum 85 Tahun Baptis Pertama Katolik di Toraja Berlangsung Meriah dan Sukses

Perayaan Paskah ini mengajak umat Katolik Toraja untuk mengimplementasikan nilai-nilai luhur Tongkonan 100% Katolik 100% Indonesia.

OMK PUKAT Jabodetabek berfoto bersama dua Uskup yang memimpin misa Paskah. (Foto: dok. istimewah).

Mgr. Paskalis Bruno Syukur mengaku kagum atas budaya masyarakat Toraja yang tidak pernah ditinggalkan.

Hal ini disampaikannya sebagai pesan dan kesan Mgr Paskalis sebelum memberikan berkat di akhir Misa.

“Saya merasa seperti berada di Toraja. Orang Toraja sukses membawa Tana Toraja ke Tanah Bogor” ucapnya. Ia juga berpesan kepada Umat Katolik Toraja untuk selalu melestarikan budaya Gereja lokal sebagai bentuk dari 100% Katolik 100% Indonesia,” katanya. (*)

Penulis: Indra
Editor: Arthur

Baca Juga  IKAT Jabodetabek Programkan Bantuan Hukum untuk Warga Toraja

Komentar