oleh

Banyak Kejadian Pencuri Berpura-pura Jadi Petugas PLN, Warga Diimbau Waspada

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Laporan yang dilakukan oleh seorang warga Burake, Makale, ke polisi terkait adanya peristiwa pencurian yang dilakukan oleh dua orang, yang berpura-pura menjadi pegawai PLN, seolah membuka tabir.

Ternyata, aksi oknum-oknum dengan modus berpura-pura menjadi pegawai PLN dan melakukan pemeriksaan listrik di rumah itu, sudah terjadi sejak dua pekan terakhir di beberapa wilayah di Tana Toraja.

Selain kejadian yang dilaporkan ke polisi maupun ke redaksi kareba-toraja.com, sejumlah warga juga mengaku mengalami kejadian yang sama di rumahnya. Wilayah aksi juga menyebar di beberapa kecamatan.

Dari komentar sejumlah netizen saat menanggapi berita yang dirilis portal kareba-toraja.com, setidaknya aksi pencurian dengan modus pegawai PLN gadungan ini sudah terjadi di Kecamatan Makale, Rembon, Mengkendek, Gandangbatu Sillanan, dan Sangalla’.

Di Botang (Makale) korbannya sampai tiga orang,” tutur Olva, warga Botang.

“Kemarin rumah nenek saya dinaikin katanya dari PLN mau cek kabel2 listrik apaka tdk ada yng putuss ternyataa niat nyaa burukk, diaa masuk kamar dan buka lemari. Kejadiannya bru saja kemarin di Mebali, Gandangbatu Sillanan. Pas kejadiannya itu ponakan sya di rumah yng msi kls 2SD dan dia gak tau apa2, pas orang tua nya datangg pencuri yng katanya pln itu langsung pergi. (Yoelsius).

“Ini juga terjadi di sangalla’ di rukun tumendeng beberapa wkt lalu. Pelaku berjumlah dua orang, semoga pelaku cepat tertangkap… (Pratama Ari)

“Sudah beraksi juga di daerah gandasil, tepatnya di kampung alloan, modus nya sama mengaku petugas PLN.” (Hasbi)

“Pernh jg krmh tp laki2 dua org langsung pasang penutup meteran bru srh org tua byr 1jt,,pas dia liat ada cctv langsung buka lgi alatx bru kabur.” (Naomi T)

Begitu banyaknya laporan dan keluhan ini membuat warga meminta polisi segera mengejar dan menangkap pelakunya.

Baca Juga  Tujuh Kendaraan Polisi Ditahan Propam, Pemiliknya Diminta Pulang Ambil Surat-surat

Kemudian, kepada masyarakat umum diminta agar segera melapor ke polisi atau aparat pemerintah terdekat jika ada orang yang tidak jelas datang ke rumah, dengan tujuan memeriksa listrik, petugas kesehatan, dan lain-lain.

Menanggapi banyaknya keluhan dan laporan warga ini, Manager PLN Area Makale, Yandri, yang dikonfirmasi, Selasa, 4 Oktober 2022 memastikan bahwa dua orang tersebut bukan dari pihak PLN.

BERITA TERKAIT: Pencuri Berpura-pura Sebagai Petugas PLN Beraksi di Tana Toraja

Yandri menjelaskan bahwa petugas PLN yang asli dalam menjalankan tugasnya dilengkapi kartu identitas yang jelas dan surat tugas.

Yandri mengurai beberapa pelayanan petugas lapangan dari PLN yang harus diketahui mulai dari petugas pelayanan gangguan listrik, petugas catat meter, petugas penyambungan pelanggan baru dan tambah daya.

Baca Juga  Begini Situasi Kolam Makale Jelang Pergantian Tahun 2020 ke 2021

“Khusus untuk pelayanan gangguan itu biasanya berdasarkan permintaan pelanggan,” tegas yandri.

Yandri meminta, jika masyarakat menerima layanan PLN yang mencurigakan bisa konfirmasi atau menghubungi nomor PLN: Center pelayanan 123 dan HP 082293284134.

Sementara itu, Kasubsi Penmas Humas Polres Tana Toraja, Aiptu Erwin mengaku sudah menerima informasi terkait kejadian tersebut.

Aiptu Erwin mengimbau masyarakat untuk waspada dan apabila menjumpai hal serupa agar segera dilaporkan ke pihak kepolisian dan kalau sempat agar pelaku difoto atau divideo.

Aiptu Erwin menambakan pihaknya juga mendapat laporan kasus yang sama di wilayah Mengkendek.

Sementara redaksi KAREBA TORAJA juga menerima laporan kasus serupa di di wilayah Baru Sura’,  Kecamatan Rembon. (*)

Baca Juga  Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Berkunjung ke Toraja, Termasuk ke Burake

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar