Toraja Coffee Festival Resmi Dibuka, Puluhan Barista Gelar Camp di Sesean Suloara’

KAREBA-TORAJA.COM, SESEAN SULOARA’ — Sebanyak 85 orang peramu kopi (barista) dari berbagai daerah di Indonesia menggelar Barista Camp di di Tongkonan Se’pon, Lembang Suloara’, Kecamatan Sesean Suloara’, Toraja Utara,  Kamis, 24 Agustus 2023.

Selain Toraja sebagai tuan rumah, puluhan barista ini juga datang dari berbagai daerah, seperti Manado, Mamuju, Makassar, Bone-Bone, Belopa,  Palopo, Enrekang, Bantaeng, Pare-Pare, Maros, Gowa, dan Polewali Mandar.

Barista Camp ini merupakan salah satu rangkaian, sekaligus pembuka event “Toraja Coffee Festival 2023” yang mengangkat tema “Make Toraja Coffee Great Again.”

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Frederik Victor Palombong yang didampingi Camat Sesean Suloara’ Matius Tandibongga dan Ketua MASATA Toraja UtaraDamayanti Batti’ mengharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat petani dan menambah wawasan petani kopi tentang industri kopi di Indonesia.

Baca Juga  Pasien Asal Toraja Utara Ini Rekomendasikan Peserta JKN Akses Aplikasi Mobile JKN

BERITA TERKAIT: Menuju Festival Kopi Toraja 2023; “Make Toraja Coffee Great Again!”

Frederik juga juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan Bpk Andi Sudirman Sulaiman yang begitu memperhatikan kopi Toraja sehingga mendorong kegiatan dan upaya mengembalikan kejayaan kopi Toraja juga kepada MASATA, Bank Sulselbar, dan pihak yang mendukung kegiatan Toraja Coffee Festival.

“Harapan kita, peserta camp menikmati suasana kebun kopi, tongkonan dan pemandangan alam. Karena diselingi talk show diharapkan petani dan UMKM kopi Toraja mendapat pengetahuan dan termotivasi untuk meningkatkan produksi dan kualitas kopi Toraja,” ujar Frederik.

Dalam Barista Camp ini, terdapat sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat, petani kopi, serta para pengrajin, dan pengusaha kopi Toraja. Diantaranya, Workshop Roasting & Coffee Sharing, Panen kopi & processing kopi tahap awal, workshop, cupping, lelang kopi, serta beberapa kegiatan lainnya.

Baca Juga  OPINI: Potensi Ekonomi di Tana Toraja dan Toraja Utara

Selain di Sesean Suloara, event ini juga akan dilanjutkan di Gedung Gedung Van De Loosdrecht, Rantepao.

Menurut rencana, pembuka event “Toraja Coffee Festival 2023” yang mengangkat tema “Make Toraja Coffee Great Again” ini akan berlangsung hingga September 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh MASATA Kabupaten Toraja Utara didukung Pemprov Sulsel, Pemkab Toraja Utara, dan dan Bank Sulselbar. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar