oleh

Cegah Klaster Pilkada, Desk Pilkada Tana Toraja Pantau Kesiapan Pemungutan Suara

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Desk Pilkada Kabupaten Tana Toraja yang diketuai Sekretaris Daerah Kabupaten Tana Toraja, Semuel Tande Bura melakukan pemantauan kesiapan pelaksanaan pemungutan suara di berbagai lokasi kecamatan di wilayah kabupaten Tana Toraja, Selasa, 8 Desember 2020.

Tim Desk Pilkada berbagi tugas melakukan pemantauan di berbagai kecamatan dengan memantau kesiapan TPS-TPS dalam mempersiapkan pelaksanaan pemungutan suara di hari H, 9 Desember 2020.

Pemantauan oleh Desk Pilkada ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pemungutan suara, kesiapan sarana prasarana, kesiapan fasilitas protokol kesehatan Covid-19, kesiapan petugas, serta kondisi keamanan dan kerawanan menjelang hari H pemungutan suara dan terpenting mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di TPS.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) selaku Sekretaris Desk Pilkada Tana Toraja Alipius Tandiarrang mengatakan pemantauan oleh Desk Pilkada akan dilaksanakan hingga hari pencoblosan besok untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar dan Kondusif dan mencegah terjadinya cluster Pilkada penyebaran Covid-19.

Baca Juga  Kapolres Tana Toraja Hentikan Pesta Pernikahan di Gandangbatu Sillanan

“Protokol kesehatan Covid-19 menjadi perhatian khusus Desk Pilkada agar tidak terjadi klaster pilkada,” tegas Alipius Tandiarrang.

Sekaitan dengan itu, Forkopimda Kab. Tana Toraja selaku Dewan Pengarah Desk Pilkada juga terus melakukan koordinasi dalam rangka pemantauan kesiapan pelaksanaan pemungutan suara.

Koordinasi Forkopimda dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa menjadi penghambat pelaksanaan pemungutan suara dan menyiapkan langkah-langkah cadangan.

Desk Pilkada adalah tim kerja yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Tana Toraja sebagai bentuk dukungan pemda5 terhadap pelaksanaan Pilkada 2020. Desk Pilkada dibentuk berdasarkan peraturan Menteri dalam Negeri nomor 9 tahun 2005 tentang pedoman bagi Pemerintah daerah dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala darah. Desk Pilkada dibentuk melalui fasilitasi dan koordinasi lintas instansi. (*)

Baca Juga  KPU Tetapkan Theofilus Allorerung dan Zadrak Tombe sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja Terpilih

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya