Siswi SMA Asal Toraja Utara Disebut Lolos Seleksi Paskibraka Nasional 2024

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Putra-Putri Toraja kembali memperlihatkan prestasinya pada seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2024 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, 13-15 Mei 2024 di GOR Sudiang Makassar.

Salah satu siswi SMA Negeri 2 Toraja Utara bernama Agatha Sapan Kallongi’ terpilih dan lolos seleksi Paskibraka Nasional tahun 2024 dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Ini sejarah kedua dalam dua tahun berturut-turut yang dicatatkan oleh para pemudi Toraja di Paskibraka Nasional. Tahun lalu, siswi SMA Negeri 5 Tana Toraja, Stevia Azalia Saranga, juga lolos seleksi menjadi salah satu personil Paskibraka Nasional. Stevia Azalia Saranga sudah melaksanakan tugas dengan baik pada detik-detik peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023 yang lalu.

Baca Juga  Pelaku Pengrusakan Kantor Camat Saluputti Ditangkap

Selain Agatha Sapan Kallongi’, tiga siswa-siswi SMA asal Toraja Utara lainnya, juga lolos menjadi Paskibraka Provinsi yang akan bertugas pada 17 Agustus 2024 di Makassar.

Ketiga siswa yang lolos Paskibraka Provinsi tersebut, masing-masing Vavian Farel Patila Lotte, siswa dari SMA Lentera Rantepao, Dirga Yudha Pratama Pasedan dari SMA Kristen Barana’, dan Glori Alexsandria Rante Ta’dung dari SMA Lentera Rantepao.

Meski nama-nama ini belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Kesbang dan Politik, namun pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui akun facebook resminya telah memberi selamat kepada empat siswa tersebut.

Dilihat pada Kamis, 16 Mei 2024, akun facebook Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menyatakan bahwa setelah melalui beberapa tahap seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan Nasional Tahun 2024, keempat siswa ini lolos ke tingkat nasional dan provinsi.

Baca Juga  Gas Elpiji 3 Kg Langka dan Mahal, Pemkab Toraja Utara Gelar Sidak dan Operasi Pasar

“Setelah melalui beberapa tahap seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan Nasional Tahun 2024, Agatha Sapan Kallolangi’ (SMAN 2 Toraja Utara) lolos mewakili Provinsi Sulawesi Selatan untuk seleksi Calon Paskibraka Nasional sedangkan Dirga Yudha Pratama Pasedan (SMA Kristen Barana’), Vaffian Farrel Patila Lotte (Sekolah Lentera Harapan Toraja), dan Glory Alexandria Rante Ta’dung (Sekolah Lentera Harapan Toraja) lolos sebagai Calon Paskibraka Provinsi Sulawesi Selatan.”

Siswa-siswi asal Toraja Utara yang lolos seleksi Paskibraka Nasional dan Provinsi tahun 2024 berfoto bersama para pendamping usai seleksi di GOR Sudiang, Makassar. (Foto: dok. istimewah).

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Toraja Utara, Drs. Altur yang dikonfirmasi, Sabtu, 18 Mei 2024, menerangkan bahwa nama-nama siswa yang lolos seleksi itu diumumkan langsung pada hari terakhir seleksi, 15 April 2024 di GOR Sudiang.

Baca Juga  Mobil Rental Hilang yang Sempat Viral di Medsos Ditemukan, Pelakunya Ditangkap

“Ya, itu diumumkan di GOR waktu hari terakhir seleksi,” ungkap Altur.

Dia menyebut keberhasilan empat siswa tersebut membuat bangga masyarakat dan daerah Kabupaten Toraja Utara. Betapa tidak, sejak 16 tahun berdiri sendiri sebagai daerah otonom, baru kali ini ada siswa yang lolos menjadi anggota Paskibraka Nasional. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar