Tiba di Rumah Duka, Jenazah Korban Pembunuhan KKB di Yahukimo Disambut Tangis Histeris Keluarga

KAREBA-TORAJA.COM, REMBON — Jenazah Yonatan Arruan, 46 tahun, korban pembunuhan di Yahukimo, Papua Pegunungan, tiba di rumah duka di Lembang (Desa) Kayuosing, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja, Sulsel, Rabu, 3 Mei 2023 pagi.

Jenazah yang masih terbungkus terpal dan dibawa oleh ambulance milik Pemda Tana Toraja itu, tiba di rumah duka sekitar pukul 08.00 Wita.

Tangis histeris keluarga dan kerabat yang sudah sejak kemarin menunggu, pecah saat mobil ambulance memasuki pelataran rumah duka. Begitu peti jenazah diturunkan dari ambulance, beberapa kerabat meratapi sambil memeluk peti tersebut.

Jenazah Yonatan Arruan, diterbangkan dari Jayapura menggunakan pesawat Lion Air pada Selasa, 2 Mei 2023 pagi. Tiba di Makassar, jenazah disemayamkan di Wisma Aleluya Makassar.

Baca Juga  Gas Elpiji 3 Kg Langka dan Mahal, Pemkab Toraja Utara Gelar Sidak dan Operasi Pasar

Setelah itu, jenazah dijemput ambulance milik Pemda Tana Toraja dan dibawa ke kampung halaman korban di Lembang Kayuosing, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja.

BERITA TERKAIT: Dua Warga Sipil Asal Toraja Dibunuh di Yahukimo, Jenazah Akan Dipulangkan ke Kampung Halaman

Setibanya di Makale, ibukota Kabupaten Tana Toraja, ratusan warga, kerabat, dan keluarga menjemput. Kemudian jenazah dibawa ke rumah duka.

Kepala Kejaksaan Negeri Makale, Erianto L. Paundanan, yang menyampaikan ungkapan hati keluarga, menyatakan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa yang dialami oleh Yonatan Arruan dan Asri Obet.

Erianto juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah membantu kepulangan jenazah Yonatan Arruan ke Toraja. “Saya tak dapat menyebutnya satu per satu, Tuhanlah yang mengetahui segalanya. Semoga jasa baik Bapak-Ibu mendapat balasan dari Yang Kuasa,” tutur Erianto.

Baca Juga  Jadi Tuan Rumah Retret Nasional, Pemuda Katolik Minta Dukungan DPRD Tana Toraja

Uci Rita, salah satu kerabat yang dihubungi KAREBA TORAJA, menyatakan menurut rencana jenazah Almarhum Yonatan Arruan akan dimakamkan pada Rabu, 3 Mei 2023 sore, setelah ibadah penghiburan.

BERITA TERKAIT: 9 Nyawa Korban KKB Papua dalam 3 Tahun Terakhir, Pemkab dan PMTI Diminta Cari Solusi

“Rencana jam 2 (pukul 14.00 Wita) ibadah penghiburan. Setelah itu langsung dimakamkan. Saat ini, Ketua Umum BPS Gereja Toraja, Bapa Pendeta Alfred Anggui juga sudah hadir di rumah duka,” tutur Uci Rita.

Almarhum Yonatan Arruan merupakan salah satu korban pembunuhan orang tak dikenal (diduga Kelompok Kriminal Bersenjata/KKB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan pada Minggu, 30 April 2023 pagi.

Baca Juga  Penerima Penghargaan Kalpataru Tolak Dana Replikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup

Selain Yonatan, masih ada satu warga Toraja (Rongkong) lainnya, yakni Asri Obed, yang juga dibunuh secara sadis dan tak manusiawi pada Minggu pagi itu.

Almarhum Yonatan Arruan meninggalkan seorang istri dan tiga anak. Anak pertama duduk di bangku kuliah, anak kedua di bangku SMP, dan anak ketiga SD. Dia berangkat ke Papua untuk mencari nafkah, mengerjakan proyek jalan, profesi yang dia jalani selama ini. (*)

Penulis/Editor: Arthur
Foto: Uci Rita

Komentar