oleh

Tari Pa’gellu’ Tua dari Tana Toraja Jadi Konten Program Utama Pekan Kebudayaan Nasional 2021

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Tarian Pa’gellu’ Tua dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja terpilih menjadi konten dalam Program Utama Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 yang dirilis tayang pada Kamis, 24 November 2021.

Tarian yang dikemas menarik dengan menampilkan suasana Toraja pada zaman dahulu ke zaman modern ini, memperkenalkan budaya Toraja kepada mata dunia dengan menceritakan arti dari tarian Pa’gellu’ Tua yang mulai jarang ditampilkan.

Mengangkat tema “Gemulai Senja Pa’gellu’ “, konten menggambarkan keseharian warga Toraja diiringi musik tradisional Pelle’, Geso’-geso’ dan Suling Te’dek/Todolo. Syuting pun dilakukan di beberapa lokasi icon Kabupaten Tana Toraja, seperti Tongkonan Papabatu Tumakke, Rembon, Agrowisata Pango-pango, Wisata Religi Buntu Burake, Kompleks Tongkonan Tumbang Datu, Sangalla Utara.

Baca Juga  Uji Coba Mesin Pembangkit PLTA Malea Penyebab Getaran dan Dentuman yang Dirasakan Masyarakat Makale Selatan

Konten Gemulai Senja Pa’gellu’ diproduksi oleh Dinas Kebudayaan Tana Toraja dan disutradari seniman muda Toraja, Krisnawati P. Ranteallo.

Even tahunan Ditjen Kebudayaan ini, pertama kalinya diikuti oleh Dinas Kebudayaan Tana Toraja sehingga disambut antusias oleh Kepala Dinas Kebudayaan Tana Toraja, Bonifacius Paundanan.

“Berkat kerjasama tim, even tahunan yang pertama kalinya kita ikuti dan langsung lolos masuk program utama. Saya sangat bangga dan berharap ini menjadi batu loncatan untuk terus memperkenal budaya Toraja lewat konten-konten menarik dan mudah dipahami oleh semua kalangan,” ungkap Bonifasius, Kamis, 24 November 2021.

Ruang untuk memperkenalkan adat dan budaya Toraja lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan juga disambut antusias Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.

Baca Juga  Promosi Wisata, Tim Penggerak PKK Lembang Palipu' Senam Sajojo di Atas Puncak Gunung Kandora

“Kita bangga bisa tampil dalam event nasional. Budaya Toraja ini sarat akan nilai dan menjadi sumber pembelajaran, menumbuhkan inspirasi-inspirasi baru. Kalau menginginkan masa depan, jangan tinggalkan masa lalu. Apapun perubahan yang kita kembangkan di Toraja, tidak melupakan budaya asli Toraja,” ujar Theofilus.

Mengetahui sutradara konten tersebut merupakan pemuda lokal Toraja, Krisnawati P. Ranteallo, Theofilus pun memberi apresiasi kepada pemuda Toraja yang dapat menyajikan konten-konten budaya asli Toraja.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan bermaksud menyelenggarakan kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2021 dengan melibatkan seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, untuk menampilkan konten terkait kekayaan alam dan budaya dari sektor pangan, papan, dan sandang.

Baca Juga  Panen Raya Jagung “Srikandi Kuning" di SPP Santo Paulus Pala-Pala

Terkumpul sebanyak 53 konten yang kemudian melalui proses kurasi oleh Direktur Eksekutif PKN (Agus Noor dkk.), termasuk konten dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Tana Toraja.

Pada tanggal 25 Oktober 2021, pengumuman hasil kurasi konten PKD untuk PKN. Ada 4 konten terpilih, yakni Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Riak Kapuas Nafas Khatulistiwa), Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Gemulai Senja Pa’gellu’), Kota PangkalPinang, Kep.Bangka Belitung (Dembus Si Kepala Rusa) dan Provinsi Bali (Pupasragam Seni Bali). (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya