oleh

Seribu Dosis Vaksin Sinovac Disediakan Polres Toraja Utara untuk Vaksinasi Tahap 2

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Kepolisian Resor Toraja Utara kembali menggelar vaksinasi massal dosis 2 bagi masyarakat Kabupaten Toraja Utara, Sabtu 24 Juli 2021.

Vaksinasi tahap kedua yang dilakukan secara bertahap ini diperuntukkan bagi masyarakat yang sebelumnya telah menerima vaksinasi tahap pertama pada 26 Juni lalu.

Vaksinasi massal tahap kedua ini digelar di halaman Mapolres Toraja Utara. Dalam pelaksanaan vaksinasi petugas yang terlibat sebagai vaksinator yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elisabeth Zakaria, M.Kes sedangkan personil Polres Toraja Utara secara keseluruhan diterjunkan untuk mengamankan dan menertibkan pelaksanaan vaksinasi.

Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wirajati, mengatakan bahwa pemberian vaksin Covid-19 merupakan sebagai bentuk perhatian dan perlindungan terhadap masyarakat Kabupaten Toraja Utara dari ancaman penyebaran Covid-19.

Baca Juga  Lagi, Laka Lantas di Poros Sa’dan-Batusitanduk, Minibus Toyota Innova Terjun ke Sungai

“Ada 1000 dosis vaksin Sinovac untuk tahap 2 yang kami sediakan. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, agar tidak terjadi kerumunan, sebab penerapan protokol kesehatan di lingkungan Polres Toraja Utara terus menjadi protap dan wajib ditaati. Kita berusaha selalu disiplin protokol kesehatan demi keselamatan kita semua,” kata Yudha.

Meski sudah divaksin, Kapolres Toraja Utara menghimbau agar tetap waspada terhadap virus covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 6 M. Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi, serta mengindari makan bersama.

Sementara itu, Kepala Seksi Humas Polres Toraja Utara, Ipda Agus Martopo, menjelaskan sebelum disuntik vaksin, warga harus mengikuti beberapa tahapan antara lain pendaftaran pencocokan identitas, screening yang meliputi suhu tekanan darah serta riwayat penyakit.

Baca Juga  Ketiga Kalinya, Pemkab Toraja Utara Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

“Setelah melewati beberapa tahapan pemeriksaan dan dinyatakan lolos maka akan dilakukan penyuntikan vaksin. Lalu dilanjutkan observasi untuk melihat ada tidaknya keluhan setelah divaksinasi. Kalau tidak ada keluhan warga akan diberikan kartu vaksin dan bisa pulang,” terang Agus. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya